Laporkan Masalah

PERILAKU PENCARIAN INFORMASI DALAM PENYELESAIAN TUGAS KULIAH MAHASISWA TAHUN PERTAMA Studi pada Mahasiswa Baru Strata 1 (Sarjana) Universitas Gadjah Mada

AULIA NURDIANSYAH, Ir. Paulus Insap Santosa, M.Sc., Ph.D

2019 | Tesis | MAGISTER KAJIAN BUDAYA DAN MEDIA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pencarian informasi mahasiswa tahun pertama dalam menyelesaikan tugas sehari-hari. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu lingkungan sosial, kebutuhan informasi, dan perilaku pencarian informasi. Variabel dependennya yaitu pemanfaatan informasi. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama di Universitas Gadjah Mada (UGM). Sampel dilakukan dengan ClusterSampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner langsung ke mahasiswa sebanyak 100 mahasiswa. Metode statistic menggunakan analisis regresi linear berganda, dedngan pengujian hipotesis uji statistik t. Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan informasi untuk mengerjakan tugas oleh siswa yang baru memasuki fase perkuliahan dan menjadi mahasiswa di Universitas Gadjah Mada memiliki tingkat kritis terhadap informasi yang akan digunakan dalam mengerjakan tugas, dan juga mengumpulkan informasi hanya dari sumber-sumber yang memiliki tingkat kredibilitas yang cukup tinggi sehingga dapat dipertanggung jawabkan ketika digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah, akan tetapi siswa yang baru memasuki fase perkuliahan dan menjadi mahasiswa ini memiliki tingkat percaya diri yang kurang, karena kekurang pengalamannya dalam menggunakan informasi tersebut.

This study aims to analyze the information seeking behavior of first year students in completing daily tasks. This analysis uses independent variables namely social environment, information needs, and information seeking behavior. The dependent variable is the use of information. The study sample was a first year student at Gadjah Mada University (UGM). The sample is done by cluster sampling. Data collection is done by distributing questionnaires directly to students as many as 100 students. The statistical method uses multiple linear regression analysis, by testing the statistical test hypothesis t. The results of this study indicate that the use of information to do assignments by students who have just entered the lecture phase and become students at Gadjah Mada University has a critical level of information that will be used in carrying out tasks, and also gather information only from sources that have sufficient levels of credibility high so that it can be justified when used to do coursework, but students who have just entered the lecture phase and become students have a lack of confidence, because of their lack of experience in using the information.

Kata Kunci : mahasiswa, kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, seleksi, formulasi, koleksi, informasi, pemanfaatan informasi.

  1. bibliography.pdf  
  2. S2-2019-407907-Abstract.pdf  
  3. S2-2019-407907-bibliography.pdf  
  4. S2-2019-407907-tableofcontent.pdf  
  5. S2-2019-407907-Title.pdf  
  6. tableofcontent.pdf  
  7. Title.pdf