PERAN PEER INFLUENCE SEBAGAI MODERATOR HUBUNGAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DENGAN KECENDERUNGAN ADIKSI MEDIA SOSIAL PADA REMAJA AWAL
AYU RAHMADITHA A, Dra. Sri Kusrohmaniah, M.Si., Ph.D., Psikolog
2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGIFear of missing out (FoMO) memiliki peran yang penting dalam mempengaruhi kecenderungan adiksi media sosial dan adanya peer influence diasumsikan dapat meningkatkan peranan FoMO terhadap kecenderungan adiksi media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah FoMO merupakan prediktor dari kecenderungan adiksi media sosial pada remaja dan untuk mengetahui apakah peer influence dapat berperan sebagai moderator antara peran Fear of Missing Out (FoMO) terhadap kecenderungan adiksi media sosial pada remaja awal. Partisipan penelitian ini adalah remaja awal yang berada pada rentang usia 12-15 tahun sebanyak 159 partisipan (L= 62; P= 97). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kecenderungan adiksi media sosial, skala fear of missing out dan skala peer influence. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan PROCESS by Andrew F. Hayes (2018) dengan teknik statistik regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa FoMO berkaitan dengan kecenderungan adiksi media sosial pada remaja awal. Peer influence tidak terbukti menjadi moderator dalam hubungan FoMO dengan kecenderungan adiksi media sosial pada remaja awal, sehingga hipotesis pada penelitian ini ditolak. Penemuan lainnya adalah FoMO dan peer influence bersifat multikolinier sehingga keduanya merupakan prediktor yang baik dalam memprediksi kecenderungan adiksi media sosial.
Fear of missing out (FoMO) has an important role in influenced the tendency of social media addiction and the presence of peer influence is said to increased the role of FoMO in the tendency of social media addiction. This study aims to determine whether FoMO is a predictor of the tendency of social media addiction in adolescents and to find out whether peer influence can act as a moderator between the role of FoMO on the tendency of Social Media Addiction in early adolescents. Participants in this study were early adolescents who were in the age range of 12-15 years as many as 159 participants (L= 62; P= 97). The quesionnaire consist of three scales, they were social media addiction tendencies scale, fear of missing out scale, and peer influence scale. Data analysis method in this study used PROCESS by Andrew F. Hayes (2018) with statistical regression techniques. The analysis shows that FoMO is related to the tendency of social media addiction in early adolescents. Peer influence was not proven to be a moderator in the relationship between FoMO and the tendency of social media addiction in early adolescents, so the hypothesis in this study was rejected. Other findings are that FoMO and peer influence are multicollinear so they are good predictors of predicted tendency social media addiction.
Kata Kunci : fear of missing out (FoMO), kecenderungan adiksi media sosial, peer influence, remaja awal