Laporkan Masalah

UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN "BA'DA KHATIMATI AL-MATATAFI" DALAM ANTALOGI CERPEN GURBATU 'ARABI KARYA YUSUF ZAIDAN: ANALISIS STRUKTURAL ROBERT STANTON

Dina Suci Wulandari, Arief Budiman, S.S., M.A.

2019 | Skripsi | S1 SASTRA ARAB

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan unsur-unsur instrinsik yang membangun cerpen "Ba'da Khatimati al-Matafi" dalam antalogi cerpen Gurbatu 'Arabi karya Yusuf Zaidan dalam menghasilkan sebuah makna. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural Robert Stanton dengan metode analisis struktural. Unsur-unsur intrinsik yang dianalisis adalah fakta-fakta cerita terdiri dari, karakter, alur, latar; tema; sarana-sarana sastra terdiri dari, judul, sudut pandang, gaya dan tone, dan simbolisme. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa karakter yang terdapat pada cerpen ada tiga, yaitu Febi, Ayah dan Romi. Karakter utama pada cerita ini adalah Febi. Alur dalam cerita ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian tengah dan bagian akhir. Latar dalam cerpen ini terdiri dari empat jenis; latar tempat, yaitu apartemen keluarga, Universitas Amerika, pabrik pakaian, gereja Kristen Protestan, Suriah, Latakia, dan sofa ruang tamu; latar waktu, yaitu satu hari yang panjang, malam hari, hari Minggu, tahun 2009, tahun 2010 dan hari Selasa; latar suasana, yaitu terpuruk, sedih, bahagia, dan benci; latar sosial, yaitu pemikiran orang Mesir dan pemikiran orang Dubai. Tema pada cerpen ini adalah "kesamaan keyakinan beragama dalam membentuk rumah tangga itu diperlukan untuk menjaga keharmonisan". Judul pada cerpen "Ba'da Khatimati al-Matafi" merujuk pada karakter utama cerita. Sudut pandang pada cerpen ini adalah orang pertama-utama. Gaya dan Tone pada cerpen ini adalah penggunaan bahasa Amiyah. Simbolisme pada cerpen ini adalah penggunaan latar sesuai dengan fakta sejarah. Cerpen "Ba'da Khatimati al-Matafi" ini memiliki hubungan unsur-unsur instrinsik yang dapat menghasilkan sebuah makna cerita.

This study aims to reveal the intrinsic elements of the short story "Ba'da Khatimati al-Matafi" from the anthology Gurbatu 'Arabi by Yusuf Zaidan in order to produce a meaning. This study used Robert Stanton's structural theory by structural analysis methods. The intrinsic elements analyzed are the facts of the story consisting of, characters, plot, background, theme, literary means consists of, title, point of view, style and tone, and symbolism. Based on the analysis, there are three characters of this short story, Febi, Father and Romi. Febi is the main character of this story. The plot of story divided into three parts, the beginning, the middle and the end. Settings of this short story consist of four types; the story taken in some places, there are family's apartment, American universities, clothing factories, churches, Syria, Latakia, and living rooms sofa ; time settingsare, one long day, night, Sunday, 2009, 2010 and Tuesday; background settingsare, being down, sad, happy, and hateful; social setting is influenced by Egyptian and Dubai thought. The theme of this short story is "the similarity of religious beliefs in forming a household is needed to maintain harmony." The title of the short story "Ba'da Khatimati al-Matafi" refers to the main character of the story. Point of view which defined the story told is first-person. The style or tone of this short story is the use of Amiyah language. The symbolism is represented based on historical facts. Short story "Ba'da Khatimati al-Matafi" has interrelation the intrinsic elements which produces a meaning of the story.

Kata Kunci : Ba'da Khatimati al-Matafi, Yusuf Zaidan, Analisis struktural Robert Stanton, cerpen Arab

  1. S1-2019-378511-abstract.pdf  
  2. S1-2019-378511-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-378511-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-378511-title.pdf