Laporkan Masalah

PERAN KEPEMIMPINAN TERHADAP SISTEM MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU DHARMA SENTANA SULAWESI TENGAH

GUSTI GEDE DIVA P S, Dr. Ratminto, M.Pol.Admin; Prof. Dr. Ir. Zuprizal, DEA

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Intisari Pada prinsip pengelolaannya, baik sekolah maupun perguruan tinggi sama-sama membutuhkan manajemen yang baik sebagai tolok ukur untuk menilai keberhasilan atau kegagalannya. Sistem manajemen yang baik dapat terwujud apabila didukung oleh pemimpin yang paham tentang manajemen dan mampu untuk mengarahkan semua elemen atau sumber daya yang terdapat dalam organisasi atau perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh peran kepemimpinan terhadap sistem manajemen pendidikan di STAH Dharma Sentana. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability atau sampel jenuh, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 41 responden yang merupakan seluruh dosen dan pengawai di STAH Dharma Sentana. Alat penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada seluruh dosen dan pegawai. Pengujian instrument kuesioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Adapun kesimpulannya adalah peran kepemimpinan variabel visioner, pemersatu, pemberdaya, pengendali rasio dan emosi, dan integritas secara bersama-sama berpengaruh terhadap sistem manajemen pendidikan di STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah.

Abstract On the principle of governance, both the school and college are equally in need of good management as the yardstick to judge success or failure. A good management system can be realized if it is supported by leaders who understand the management and were able to direct all of the elements or resources contained within the organization or college. Therefore, the university leaders who are responsible for managing the college should explore leadership and management of the college. The purpose of this study was to measure the effect of a leadership role on the education management system in STAH Dharma Sentana central Sulawesi. This research method uses quantitative methods with a sampling technique using nonprobability or saturated sample, the sample used in this study were 41 respondents who are all faculty and staff in STAH Dharma Sentana. The research tool is a questionnaire distributed to all faculty and staff. Testing of the questionnaire instrument using validity and reliability test. The conclusion isvisionary leadership style variables, unifying, empowering, controlling the ratio and emotion, and integrity together the same effect on the education management system in STAH Dharma Sentana Central Sulawesi.

Kata Kunci : Kata kunci: peran kepemimpinan, sistem manajemen pendidikan,

  1. S2-2019-405134-abstract.pdf  
  2. S2-2019-405134-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-405134-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-405134-title.pdf