Laporkan Masalah

Gaya Bahasa Iklan Kosmetik dalam Majalah Elle Prancis

DIONI SAVITIA BUDIANTO, Dr. Hayatul Cholsy, M.Hum

2019 | Skripsi | S1 SASTRA PRANCIS

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengetahui makna fungsi- dan gaya bahasa yang digunakan dalam teks iklan produk kecantikan majalah Elle Prancis. Elle merupakan majalah mode dan gaya hidup yang sudah diterbitkan di 46 negara. Pokok bahasan utama pada penelitian ini adalah bagaimana pembuat iklan (produsen) menyampaikan pesan dengan fungsi- dan gaya bahasa yang digunakan. Objek penelitian ini adalah iklan kosmetik berbahasa Prancis yang terdapat dalam majalah Elle Prancis edisi tahun 2018. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyimak teks iklan kosmetik yang telah terpilih, kemudian mengumpulkan kalimat-kalimat yang mengandung fungsi- dan gaya bahasa. Kalimat-kalimat tersebut kemudian diklasifikasikan dan dianalisis dengan menggunakan teori gaya bahasa Gorys Keraf dan teori fungsi bahasa Roman Jakobson. Teori-teori tersebut digunakan untuk membantu peneliti melihat berbagai tipe dan jenis fungsi- dan gaya bahasa yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada 78 kalimat yang ditemukan dalam teks iklan kosmetik dalam majalah Elle Prancis, hanya ditemukan 13 jenis gaya bahasa dam 4 fungsi bahasa. Hal ini menunjukkan bahwa fungsi- dan gaya bahasa yang digunakan pada teks iklan kosmetik dalam majalah Elle sudah cukup mewakili dan juga menjelaskan mengapa fungsi-dan gaya bahasa tersebut sengaja digunakan. Maka dari itu, penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi- dan gaya bahasa sengaja digunakan pada teks iklan kosmetik untuk menarik perhatian para konsumen.

This research aims to describe and to understand the meaning of the language style and function of the language used in the text of cosmetic advertisements in the french Elle magazine. Elle is a fashion and lifestyle magazine that has been published in 46 countries. The main subjectS of this research are to understand how advertisers (producers) use the functions of language and language styles to convey messages in advertisements. The object of this study are french cosmetic advertisements in the 2018 editions of Elle France. This research was conducted by observing the texts in the cosmetic ads that has been selected, and then collecting sentences containing functions of language and language styles. The sentences are then classified and analyzed using the Gorys Keraf language style theory and Roman Jakobson's functions of language theory. These theories are used to help researchers see various types of the functions of language and the language styles in the cosmetic ads. The results showed that in 78 sentences found in the text of cosmetic advertisements in the French Elle magazine, there are 13 types of language styles and 4 functions of language. This shows that the functions of language and language styles used in the text of cosmetic ads Elle magazine are representative and also explain why the functions of language and language styles are deliberately used. Therefore, this study shows that the function of language and language styles are intentionally used in cosmetic ad text to attract the attention of consumers.

Kata Kunci : iklan, iklan kosmetik, gaya bahasa, fungsi bahasa

  1. S1-2019-384071-abstract.pdf  
  2. S1-2019-384071-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-384071-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-384071-title.pdf