PERENCANAAN STRATEGIK PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (KASUS MAYONI KONVEKSI)
HARI KUNCORO, Arief Surya Irawan, S.E., M.Com. Ak., CA.
2019 | Skripsi | S1 AKUNTANSIPenelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran perencanaan strategik di Mayoni Konveksi sebagai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi persepsi pemilik terhadap pentingnya perencanaan strategik dan tantangan Mayoni Konveksi dalam melakukan perencanaan strategik. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan acuan Miles & Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Mayoni Konveksi belum melaksanakan perencanaan strategik secara keseluruhan namun hanya melakukan perencanaan jangka pendek untuk setiap periode. Berdasarkan persepsi pemilik, perencanaan strategik belum menjadi hal yang penting dalam pengelolaan usaha karena ukuran usaha Mayoni Konveksi. Hambatan Mayoni Konveksi dalam melakukan perencanaan strategik adalah ukuran usaha, kompetensi, dan pola berpikir.
The objectives of this research is to describe strategic planing in Mayoni Konveksi as small medium Enterprises (SMEs). This study also identify owners perception about the importance of strategic planning and the barrier for Mayoni Konveksi to do strategic planning. This study is case study research that use descriptive design and qualitative approach. Data analysis in this study refer to Miles & Hubberman divided by data reduction, data display, and drawing conclusion. The result of the study show that Mayoni Konveksi has not yet made an overall strategic planning but only does short-term planning for each period. Based on the owner's perception, strategic planning has not become an important thing in business management because of Mayoni Konveksi's business size. Mayoni Konveksi's barriers in carrying out strategic planning are scope of business, competence, and thinking patterns.
Kata Kunci : perencanaan strategik, umkm, usaha mikro kecil dan menengah, strategic planning, SMEs, small medium enterprises