Laporkan Masalah

EFEKTIVITAS ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK TUNARUNGU DALAM MENGAJARKAN PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL ANAK (KSA)

SITTI WAHYUNI, Supra Wimbarti, M. Sc., Ph. D., Psikolog

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Efikasi diri merupakan salah satu aspek psikologis dalam kehidupan yang harus dimiliki oleh setiap orangtua, khususnya dalam mengajarkan pencegahan kekerasan seksual pada anak. Pada penelitian ini anak secara lebih spesifik merupakan anak yang mengalami hambatan dalam pendengaran (tunarungu). Pada kenyataannya orangtua seringkali kebingungan ketika harus mengajarkan tentang KSA pada anak sehingga mereka membutuhkan sebuah pelatihan yang dapat melatih mereka untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam mengajarkan pencegahan KSA pada anak. Pelatihan ORIGAMI merupakan salah satu media yang dapat meningkatkan efikasi diri orangtua dalam mengajarkan pencegahan KSA pada anak tunarungu. Modul ORIGAMI disusun berdasarkan teori metode pembelajaran observasional. Penelitian dilakukan dengan metode untreated control group design with dependent pretest and posttest samples, yaitu penelitian yang menyertakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Partisipan dalam penelitian ini adalah 28 orangtua yang memiliki anak tunarungu berusia 10-12 tahun. Hasil analisis statistik menggunakan anava mixed design menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri pada kelompok eksperimen berbeda secara signifikan dengan kelompok kontrol (F = 13,617 dan p < 0,01). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ORIGAMI dapat secara efektif meningkatkan efikasi diri orangtua dalam mengajarkan pencegahan kekerasan seksual pada anak tunarungu.

Self-efficacy is one of the psychological aspects of life that must be possessed by every parent, especially in teaching prevention of child sexual abuse. In this study, child with hard of hearing. In reality, parents are often confused when they have to teach CSA to children so they need a training to increase their knowledge and skills in teaching prevention of CSA. ORIGAMI is one of training that can improve parental self-efficacy in teaching prevention of CSA in deaf child with hard of hearing. The ORIGAMI's module is based on the theory of observational learning methods. The study was conducted using the untreated control group design method with dependent pretest and posttest samples, that included the experimental group and the control group. Participants in this study were 28 parents who had hard of hearing children aged 10-12 years. The results of statistical analysis using anava mixed design showed that the level of self-efficacy in the experimental group differed significantly from the control group (F = 13,617 and p < 0,01). The result shows that ORIGAMI's training can effectively improve parental self-efficacy in teaching prevention of CSA in child with hard of hearing.

Kata Kunci : efikasi diri orangtua, kekerasan seksual pada anak, tunarungu, pembelajaran observasional.

  1. S2-2019-388740-abstract.pdf  
  2. S2-2019-388740-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-388740-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-388740-title.pdf