Laporkan Masalah

Pengaruh Pemberian Obat Diminazene aceturate pada Mencit (Mus musculus) yang diinfeksi Trypanosoma evansi Terhadap Gambaran Histopatologi Organ Ren, Lien dan Musculo Skeletal

Tanrypada Thursina, Dr. drh. R. Wisnu Nurcahyo

2019 | Skripsi | S1 KEDOKTERAN HEWAN

Surra merupakan penyakit yang disebabkan oleh Trypanosoma evansi yang menyerang pada hewan. Surra menyebabkan terjadinya kerugian ekonomi yang tinggi pada sector peternakan. Salah satu cara yang telah dilakukan untuk memberantas penyakit ini adalah dengan memberikan trypanosidal. Salah satu jenis trypanosidal yang digunakan untuk pemberantasan Surra di Indonesia adalah Diminazene aceturate. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perubahan patologi yang diakibatkan oleh pemberian Diminazene aceturate (Tryponil) dalam berbagai dosis pada organ ginjal, limpa dan otot skeletal mencit. Sebanyak 30 ekor mencit strain BALB/c jantan berusia 2 bulan dengan berat 25-30 gram yang diperoleh dari Laboratorium Pengujian dan Penelitian Terpada (LPPT) UGM digunakan dalam penelitian. Mencit dibagi menjadi 5 kelompok yang tiap kelompoknya terdiri atas 6 ekor mencit. Obat diberikan 48 jam setelah infeksi. Pemberian obat dilakukan secara intraperitoneal dengan dosis 1 mg/kg, 3 mg/kg, 5 mg/kg dan 7 mg/kg. Tiap satu ekor mencit dieutanasi pada hari ke 31 setelah penelitian dilakukan pada mencit kelompok A,B,C,D yang diberikan pengobatan dalam berbagai dosis. Hasil pemeriksaan preparat histopatologi ren ditemukan adanya nefrosis pada pemberian semua dosis obat, kongesti ditemukan pada dosis pemberian 1 mg/kg, 3 mg/kg dan 7 mg/kg, dan infiltrasi limfosit di intertisialis pada dosis pemberian 3 mg/kg dan 7 mg/kg. Pada histopatologi lien tidak ditemukan adanya perubahan begitupula pada otot skeletal.

Surra is a disease caused by Trypanosoma evansi which attacks animals. Surra has caused high economic losses especially in livestock sector. One of the way that has been done to eradicate this disease is by giving trypanosidal. One of the trypanosidal types used to eradicate Surra in Indonesia is Diminazene aceturate. This study aims to look at the pathological changes caused by the administration of Diminazene aceturate (Tryponil) in various doses to the kidney, spleen and skeletal muscle of mice. Thirty BALB/c strain mice, weighed 25-30 gram and age around 2 months old obtained from the Observed Research and Testing Laboratory (LPPT) UGM were used in this study. The mice were then divided into 5 groups, each group consisting of 6 mice. The drug is given 48 hours after infection. The drug were given via intraperitoneal way with doses of 1 mg / kg, 3 mg / kg, 5 mg / kg and 7 mg /kg. After 31 days, one of the mice from each group were euthanized. The analysis results of the histopatologic samples were there were found nephrosis at all administration doses, congestion at drug administration doses 1mg/kg, 3 mg/kg and 7 mg/kg, and lymphocytic infiltration in interstitials found at drug administration doses 3mg/kg and 7mg/kg. There's no changes in spleen and no changes in skeletal muscle.

Kata Kunci : Diminazene aceturate, Lien, Musculo Skeletal, Ren, Trypanosoma evansi.

  1. S1-2019-379498-abstract.pdf  
  2. S1-2019-379498-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-379498-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-379498-title.pdf