Laporkan Masalah

Peran Resiliensi, Kebersyukuran, dan Keterikatan pada Sekolah terhadap Prestasi Akademik Remaja Penyintas Bencana

LULU SUKMA WARDANI, Dr. Budi Andayani, M.A., Psikolog

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Penting bagi remaja penyintas bencana untuk tetap menjaga prestasi akademiknya di sekolah sebagai bentuk aktualisasi diri dan dapat membantunya lebih siap untuk kembali pada kehidupan sosial. Penelitian ini mengungkap peranresiliensi, kebersyukuran dan keterikatan remaja pada sekolah terhadapprestasi akademik remaja dalamsituasi bencana. Pendekatan natural experiment dengan analisis kovarian digunakan dalam menganalisis data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi, kebersyukuran, dan keterikatan pada sekolah secara bersama-sama dapat berperan dalam mengontrol prestasi akademik remaja dalam situasi bencana.

It is important forsurvivor adolescents of disaster to keep or improve their academic achievement although as a disaster survivor. This study examined the role ofresilience, gratitude and school engagement to academic achievement. The measuring instruments used were resilience scale, gratitude scale, school engagement scale and rapor. A natural experiment with ancovaanalysis was used to analyze data in this study. The results shows that resilience, gratitude and school engagement were have role to control students' achievement in disaster situation.

Kata Kunci : Bencana, Kebersyukuran, Keterikatan pada Sekolah, PrestasiAkademik, Resiliensi

  1. S2-2019-403927-abstract.pdf  
  2. S2-2019-403927-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-403927-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-403927-title.pdf