Peran Efikasi Diri Akademik, Conscientiousness, dan Emotional Stability Terhadap Keterikatan Siswa pada Sekolah
ULYA NURUL MUSLIHAH, Dr. Esti Hayu Purnamaningsih, M.S., Psikolog
2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESIKeterikatan siswa merupakan hal yang penting. Ketika siswa terikat pada sekolah, hal ini dapat membantu siswa menjadi lebih memiliki daya tahan, adanya peningkatan pada performansi akademik, dan meningkatkan kesejahteraan siswa secara umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri akademik, conscientiousness, dan emotional stability terhadap keterikatan siswa pada sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah 311 siswa di SMA di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Alat ukur yang digunakan adalah skala keterikatan siswa, efikasi diri akademik, skala conscientiousness dan emotional stability (IPIP-BFM-25). Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri akademik, conscientiousness dan emotional stability secara signifikan memprediksi keterikatan siswa pada sekolah.
Student engagement is an important thing. When students are engaged with the school, it helping them persist, improve their academic performance, and increase their general well-being. This study aims to determine the role of academic self-efficacy, conscientiousness and emotional stability to student engagement. The number of subjects in this study were 311 high school studentes in Yogyakarta. The measuring instrument used were student engagement scale, academic self-efficacy scale, conscientiousness and emotional stability scale (IPIP-BFM-25). Data was analyzed with linear regression. The result revealed that self efficacy academic, conscientiousness, and emotional stability significantly were able to predict student engagement.
Kata Kunci : keterikatan siswa, efikasi diri akademik, kepribadian, conscientiousness, emotional stability