Laporkan Masalah

Peran Penyesuaian Sekolah sebagai Mediator antara Penilaian Iklim Sekolah dengan Kesejahteraan Subjektif Siswa

SRI W. POLINGGAPO, Dr. Maria Goretti Adiyanti, M.S., Psikolog

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Penting bagi remaja pada umumnya untuk mencapai tingkat kesejahteraan subjektif yang tinggi. Penilaian iklim sekolah yang positif akan menjadikan siswa memiliki penyesuaian sekolah yang baik sehingga dapat meningkat kesejahteraan subjektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penyesuaian sekolah dapat menjadi mediator anatar penialain iklim sekolah dengan kesejahteraan subjektif siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey. Subyek penelitian merupakan siswa sekolah menengah pertama di Yogyakarta dengan jumlah 253 orang yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kesejahteraan subjektif siswa, skala penilaian iklim sekolah, dan skala penyesuaian sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian sekolah memiliki peran sebagai mediasi parsial antara penialain iklim sekolah dengan kesejahteraan subjektif siswa. Penilaian iklim sekolah dengan mediasi penyesuaian sekolah terhadap kesejahteraan subjektif siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 45,2%. Sumbangan efektif penilaian iklim sekolah terhadap kesejahteraan subjektif siswa tanpa mediasi penyesuaian sekolah sebesar 40,5%. Sisanya sebesar 14,3% merupakan sumbangan dari variabel lain.

High level of subjective well-being is an important thing for adolescent in general. The Perception about positive school climate will create well-adjusted student that will cause high level of subjective well-being. This research aimed to investigate the mediating role of school adjustment toward the Perception about school climate and subjective well-being of the students. This research used quantitative method with survey approach. The subjects of this research 253 Junior High School Students in Yogyakarta that was chosen through cluster random sampling. This research used subjective well-being scale, school climate scale, and school adjustment scale. The result of this research showed that school climate could have partial mediation in predicting the Perception about school climate and students� subjective well-being. The effective contribution of perception about school climate and school adjustment as mediator toward students� subjective well-being was 45.2%. The effective contribution of school climate toward students� subjective well-being without the mediation of school adjustment was 40.5%. The rest of 14.3% was the contribution of another variables.

Kata Kunci : Kesejahteraan subjektif, iklim sekolah, penyesuaian sekolah

  1. S2-2019-388741-abstract.pdf  
  2. S2-2019-388741-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-388741-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-388741-title.pdf