Laporkan Masalah

PROGRAM PECS (Picture Exchange Communication System) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA TERSTRUKTUR PADA ANAK AUTIS

RESTU VISTASARI, DR.rer.pol.Bhina Patria.M.A

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Sebagian besar anak autis mengalami kesulitan berkomunikasi, terutama dalam mengkombinasikan kata menjadi kalimat utuh yang terstruktur dalam sebuah pembicaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah program PECS (Picture Exchange Communication System) dapat meningkatkan kemampuan berbicara terstruktur pada anak autis. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua orang anak dengan diagnosa autisme. Variabel tergantung dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara terstruktur, sedangkan variabel bebasnya adalah penerapan program PECS yang sudah di modifikasi pada beberapa fasenya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen single case dengan desain ABA. Pengukuran di dalam penelitian ini menggunakaninstrumentbehavior checklist dengan analisis data visual inspection.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam kemampuan berbicara terstruktur pada kedua partisipan melalui program PECS yang telah dilakukan.

Most of children with autism have difficulty with their communication skill. One of the specific problems is about to combine words into structured sentences when they tried to speak. The purpose of this study is to find out if PECS could be used for improving the grammatical language from autism children or not. Participants of this research consisted of two children who have been diagnosed with autism. Dependent variable of this study is grammatical language skill in speaking, and independent variable of the study is The PECS Program which has been modified in some phases. The method that is used in this study is single-case research with A-B-A design. Behavior checklist was used as the instrument for this research, also data of this research are analyzed by visual inspection. The result of visual inspection analysis showed that there are some of improvements in gramatical language skills of the participants through the PECS program.

Kata Kunci : Autisme, Kemampuan berbicara terstruktur, PECS.

  1. S2-2019-388730-abstract.pdf  
  2. s2-2019-388730-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-388730-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-388730-title.pdf