Laporkan Masalah

peran komunikasi remaja dengan orangtua dan teman sebaya mengenai seksual terhadap perilaku seksualitas remaja dengan mediasi kontrol diri

FITRI INSANI RACHMAN, Dr. Wisjnu Martani, S.U., Psikolog

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Dewasa ini terjadi peningkatan angka kasus perilaku seksual berisiko di kalangan remaja. Idealnya remaja sudah memiliki pengetahuan yang memadai mengenai seksualitas, namun informasi yang didapat remaja dari orang dewasa masih sangat terbatas. Pada masa ini juga remaja sudah mengembangkan moral otonom untuk mempertimbangkan konsekuensi dari perilakunya, namun pada kenyataannya saat ini banyak ditemui remaja yang melakukan perilaku seksual berisiko. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik komunikasi remaja dengan orangtua dan teman sebaya mengenai seksual dapat memprediksi perilaku seksual remaja dengan dimediatori oleh kontrol diri. penelitian ini dilakukan kepada 222 remaja berusia 14-18 tahun di Yogyakarta. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa komunikasi remaja dengan teman sebaya memiliki total pengaruh sebesar 0,441 dengan kontrol diri berperan sebai mediator parsial. Sedangkan komunikasi remaja dengan orangtua memiliki total pengaruh sebesar -0,227 dengan kontrol diri berperan sebagai mediator penuh.

At present, the rate of risky sexual behavior case in teenagers has been increasing. Ideally, teens should have the sufficient knowledge about sexuality, however, the information obtained by teens from adults is still limited. At present, the teens also have developed autonomous moral to consider the consequences of their behavior, however, in fact, there are teens who still conduct risky sexual behavior. Due to that matter, this research aimed to empirically test the communication of teens with parents and peers regarding sexuality that can predict sexual behavior of teens through selfcontrol mediation. This research was performed toward 222 teens in the age of 14-18 years old in Yogyakarta. The path analysis was used as the analysis method. The research results have proved that the communication of teens with peers has 0.441 of total effect with self-control as partial mediator. The communication of teens with parents has -0.227 of total effect with selfcontrol as full mediator.

Kata Kunci : komunikasi mengenai seksual, kontrol diri, perilaku seksual

  1. S2-2019-388691-abstract.pdf  
  2. S2-2019-388691-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-388691-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-388691-title.pdf