Laporkan Masalah

STRATEGI KOPING ADAPTIF DAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI PREDIKTOR INTENSI SANTRI MENYELESAIKAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN

HUDA SAIFULLAH K, Budi Andayani, Dr., M.A., Psikolog

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Adanya perubahan lingkungan tempat tinggal, aturan dan jadwal kegiatan yang ketat serta sistem regulasi yang kompleks di pondok pesantren berdampak pada intensi santri menyelesaikan pendidikannya hingga lulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran strategi koping adaptif dan dukungan sosial sebagai prediktor intensi santri untuk menyelesaikan pendidikannya di pondok pesantren. Sampel dalam penelitian ini adalah 343 santri yang tinggal di pondok pesantren. Alat ukur yang digunakan adalah skala intensi, strategi koping adaptif dan dukungan sosial. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan strategi koping adaptif dan dukungan sosial secara bersama-sama mampu memprediksi intensi santri menyelesaikan pendidikan di pondok pesantren. Penelitian ini juga menemukan bahwa ada perbedaan intensi menyelesaikan pendidikan di pondok pesantren berdasarkan tingkat kelas dan alasan sekolah di pondok pesantren.

The changes in the living environment; strict rules and regulations; tight schedule of activity and; at pondok pesantren have impact on the students' intention to complete their education. This study was aimed to determine the role of the tendency of adaptive coping strategies and social support as a predictor of students' intention to continue their education in pondok pesantren. The number of subjects in this study were 343 students in pondok pesantren. The measuring instruments used were intention scale, adaptive coping strategies scale and social support scale. Data analysis was performed by using multiple linear regression analysis. The results shows that adaptive coping strategies and social support were able to predict the students intention to complete their education in pondok pesantren. This study also found that there were differences in the students intention to complete their education based on level of class and their school reasons.

Kata Kunci : Intensi menyelesaikan pendidikan, strategi koping adaptif, dukungan sosial, santri, pondok pesantren.

  1. S2-2019-403920-abstract.pdf  
  2. S2-2019-403920-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-403920-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-403920-title.pdf