Laporkan Masalah

Validasi Modul Pelatihan Fathering untuk Meningkatkan Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak Prasekolah

ELYA MARFU'ATUN, Diana Setiyawati, S.Psi., MHSc., Ph.D., Psikolog

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan anak, sementara kurangnya keterlibatan ayah dalam pengasuhan dapat menjadi faktor risiko munculnya permasalahan dalam perkembangan anak di masa yang akan datang. Keterlibatan ayah yang rendah dalam mengasuh anak dapat disebabkan oleh kurangnya keterampilan pengasuhan. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan pelatihan pengasuhan bagi ayah, namun belum ada modul pelatihan yang tersedia sehingga perlu untuk menyusun modul pelatihan. Modul Pelatihan Fathering dalam penelitian ini disusun berdasarkan aspek-aspek keterlibatan ayah yang disampaikan oleh Pleck. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan validasi modul Pelatihan Fathering untuk meningkatkan keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak prasekolah. Validasi modul dilakukan dalam dua tahap, yaitu 1) Uji validitas isi dilakukan melalui penilaian tiga orang rater. Hasil analisis Aiken'V didapatkan koefisien validitas sebesar 0,86, artinya modul memiliki validitas isi yang baik; 2) Uji validitas fungsional dilakukan untuk mengetahui pengaruh modul terhadap keterlibatan ayah dalam pengasuhan. Tahap ini dilakukan melalui penelitian eksperimen dengan rancangan untreated control group design with pretest dan posttest. Partisipan berjumlah 14 orang ayah yang memiliki anak prasekolah, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa gain score keterlibatan ayah di kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi (Mdn = 6) ), U = 0.00, p = .002, r = .84 dibanding dengan kelompok kontrol (Mdn=0). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul Pelatihan Fathering terbukti valid untuk meningkatkan keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak prasekolah.

The involvement of father in parenting has great impact on child development. While the lack of father involvement being a risk factor for the emergence of problems in child development. The low of father involvement in caring for children can be caused by lack of skills in parenting. This can be overcome by providing parenting training for fathers, but there is no tranining module available so it is necessary to develope module. The Fathering training module in this research is structured based on aspects of father involvement by Pleck. The purpose of this study is to validate the module of Fathering training to increase father involvement. Content validity test is done through the assessment of three raters. Aiken's V analysis results obtained score 0,86, it means the module has good content validity. Functional validity test is performed to determine the effect of module on father involvement. This stage is done by experiment research with the design of untreated control group design with pretest and posttest. Participants were 14 fathers with preschool children, who were subsequently divided into experimental and control groups. A Mann-Whitney test indicated that gain score of father involvement was greater for father in experiment group (Mdn = 6), U = 0.00, p = .002, r = .84 than for father in control group (Mdn = 0), The results of the study indicate that the Fathering Training is valid and can be used to improve the involvement of father in the care of preschool children.

Kata Kunci : validasi modul, pelatihan fathering, keterlibatan ayah dalam pengasuhan, anak prasekolah

  1. S2-2019-403907-abstract.pdf  
  2. S2-2019-403907-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-403907-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-403907-title.pdf