Laporkan Masalah

Respons Murid terhadap Pelaksanaan "Program Berkebun" Sekolah Karakter Nur Al-Hiraa Kabupaten Bekasi

DENI MUSLIFAH, Subejo, S.P., M.Sc., Ph.D ; 7. Dr. Ir. Roso Witjaksono, M.S.

2019 | Skripsi | S1 PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons murid terhadap pelaksanaan program berkebun Sekolah Karakter Nur Al-Hiraa Kabupaten Bekasi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif. Pengambilan lokasi dilakukan secara purposif di Sekolah Karakter Nur Al-Hiraa Kabupaten Bekasi dengan pertimbangan program berkebun yang dilakukan secara berkelanjutan. Pengambilan sampel murid dilakukan dengan metode sensus dari kelas tiga hingga kelas enam yang berjumlah total 31 anak. Data dianalisis dengan uji proporsi dan uji analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar murid mempunyai respons yang tinggi terhadap pelaksanaan program berkebun. Faktor-faktor yang berpengaruh nyata pada respons murid terhadap pelaksanaan program berkebun adalah persepsi murid dan peran teman. Semakin baik persepsi murid terhadap pelaksanaan program berkebun, maka murid semakin responsif dalam melaksanakan program berkebun. Semakin aktif peran teman dalam program berkebun, maka murid akan semakin responsif terhadap pelaksanaan program berkebun.

This study aims to determine students' responses to the implementation of gardening programs of Character School of Nur Al-Hiraa Bekasi Regency and the factors. The basic method used is descriptive. The selection of location was taken influency purposively in the Nur Al-Hiraa Character School of Bekasi Regency considering a sustainable gardening program. Student sampling was carried out by census methods from third grade to sixth grade totaling of 31 children. Data were analyzed by proportion test and multiple linear regression analysis. The results of the study indicate that most students have a high response to the implementation of the gardening program. The factors that significantly influence to students' responses on the implementation of gardening programs are the perceptions of students and the role of friends. The better the student's perception on the implementation of the gardening program. Students will be more responsive in implementing the gardening program. The more active communication in the gardening program, students will be more responsive in implementing the gardening program.

Kata Kunci : respons, program berkebun, sekolah karakter, Bekasi

  1. S1-2019-334944-abstract.pdf  
  2. S1-2019-334944-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-334944-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-334944-title.pdf