Laporkan Masalah

PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA MENGENAI PENCEGAHAN KARIES GIGI MOLAR PERTAMA PERMANEN DENGAN FISSURE SEALANT PADA ANAK USIA SEKOLAH DI KECAMATAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

WIDHI SETIYANI, Prof.Dr.drg.Iwa Sutardjo RS., SU.,SpKGA(K);Dr.drg.Rinaldi Budi Utomo,M.S.,SpKGA(K)

2019 | Skripsi | S1 HIGIENE GIGI

Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting khususnya pada tumbuh kembang anak. Orang tua harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk mendasari terbentuknya perilaku yang baik dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Gigi molar pertama permanen memiliki prioritas untuk dilakukan tindakan pencegahan. Upaya preventive yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan pemakaian fissure sealant. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana orang tua memiliki pengetahuan tentang peranan Fissure sealant sebagai upaya preventif dalam mencegah karies pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian epidemiologi menggunakan metode survei analitik. Penelitian ini dilakukan di 23 sekolah kecamatan Depok Sleman Yogyakarta dengan melibatkan 116 responden. Rentang waktu bulan Juli-Agustus 2018. Tingkat pengetahuan orang tua mengenai pencegahan karies pada gigi molar pertama permanen menggunakan Fissure sealant diukur menggunakan kuisioner. Perbedaan tingkat pengetahuan orang tua mengenai pencegahan karies pada gigi molar pertama permanen menggunakan Fissure sealant dianalisis menggunakan uji Kruskall � Wallis dilanjutkan dengan analisis post hoc menggunakan Uji Mann Whitney untuk menguji signifikansi data hasil pengukuran tingkat pengetahuan melalui alat ukur berupa kuisioner dengan tingkat kepercayaan 95%. Penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Kruskall � Wallis pada kedua didapatkan nilai p<0,05 dan dari masing masing ranah pengetahuan yang di uji analisis post hoc menggunakan Uji Mann Whitney menunjukkan nilai p<0,05 pada ranah psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan antara kelompok orang tua anak telah mendapatkan treatmen fissure sealant dengan kelompok orang tua anak yang belum mendapatkan treatmen fissure sealant, yaitu pada ranah psikomotor.

Oral and dental health is important, especially in child development. Parents must have sufficient knowledge to underlie the formation of good behavior in maintaining oral health. Permanent first molars have priority for precautionary measures. One of the preventive measures that can be taken is by using fissure sealants. This study aims to determine the extent to which parents have knowledge of the role of Fissure sealants as a preventive effort in preventing caries in children. This study is an epidemiological study using analytical survey methods. This research was conducted at 23 primary schools in Depok Sleman Yogyakarta using 116 respondents.The timeframe for July-August 2018. The level of knowledge of parents regarding prevention of caries in permanent first molars using Fissure sealant was measured using a questionnaire. The difference in the level of knowledge of parents regarding prevention of caries in permanent first molars using Fissure sealants was analyzed using the Kruskall-Wallis test followed by post hoc analysis using the Mann Whitney Test to test the significance of data from the level of knowledge through a questionnaire with a confidence level of 95%. The study showed that the results of the Kruskall-Wallis test on the second obtained p value <0.05 and from each knowledge domain tested in the post hoc analysis using the Mann Whitney Test showed a p value <0.05 in the psychomotor domain. Based on the results of the above research it can be concluded that there are differences in the level of knowledge between groups of parents of children who have received fissure sealant treatment with a group of parents of children who have not received fissure sealant treatment, especially in the psychomotor domain.

Kata Kunci : Pengetahuan Pencegahan Karies, Fissure Sealant, Orang Tua, Anak Usia Sekolah, Depok Sleman Yogyakarta, Knowledge of Prevention Caries, Fissure Sealant, Parents, School-Age Children

  1. S1-2019-368637-abstract.pdf  
  2. S1-2019-368637-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-368637-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-368637-title.pdf