Laporkan Masalah

HUBUNGAN ANTARA PROBLEMATIC INTERNET USE DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA

ANNISA RISQI ANGGUNANI, Budi Purwanto

2018 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara problematic internet use (PIU) dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Penelitian berlangsung di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada dengan subjek penelitian sebanyak 190 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan dua alat ukur berupa Academic Procrastination Scale (APS) dan Generalized Problematic Internet Use-2 (GPIUS2) yang sudah diadaptasi dalam Bahasa Indonesia. Skala adaptasi Academic Procrastination Scale (APS) memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,904 sementara skala adaptasi Generalized Problematic Internet Use-2 (GPIUS2) memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,855. Penelitian ini menggunakan analisis pearson�s product-moment correlation yang menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara problematic internet use dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dengan r = 0,478 dan taraf signifikansi p = 0,000 (p<0,01). Analisis tambahan menemukan bahwa tidak ada perbedaan tingkat problematic internet use dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa perempuan dan laki-laki. Selain itu, tidak ditemukan perbedaan tingkat prokrastinasi akademik yang signifikan berdasarkan durasi penggunaan internet dalam satu hari. Sebaliknya, ditemukan perbedaan problematic internet use yang signifikan berdasarkan durasi penggunaan internet dalam satu hari.

This study aims to find out the relationship between problematic internet use (PIU) and academic procrastination in college students. This study took place in Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada with 190 students as the participants. This study is using quantitative methods and the data were collected using Academic Procrastination Scale (APS) and Generalized Problematic Internet Use-2 (GPIUS2) that has been adapted in Bahasa. The Academic Procrastination Scale (APS) has alpha coefficient reliability 0,904, while Generalized Problematic Internet Use-2 (GPIUS2) has alpha coefficient reliability 0,855. The analysis used in this study is pearson�s product-moment correlation which shows that there is a positive relationship between problematic internet use and academic procrastination (r = 0,478; p = 0,000 (p<0,01). Furthermore, additional analysis shows that there is no difference level in problematic internet use and academic procrastination based on gender. Other than that, there is also no difference level of academic procrastination based on duration of internet usage in one day. Conversely, there is a difference level of problematic internet use based on duration of internet usage in one day.

Kata Kunci : mahasiswa, problematic internet use, prokrastinasi akademik / academic procrastination, college student, problematic internet use

  1. S1-2018-362403-abstract.pdf  
  2. S1-2018-362403-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-362403-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-362403-title.pdf