Laporkan Masalah

Hubungan antara Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Kebiasaan Menyikat Gigi dan Kunjungan ke Dokter Gigi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

HUSNA FARAH, Dr. drg. Sri Widiati, MPH; Dr. drg. Julita Hendrartini, M. Kes, AAK.

2018 | Skripsi | S1 KEDOKTERAN GIGI

Kebiasaan menyikat gigi dan kunjungan ke dokter gigi merupakan tindakan preventif utama dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Salah satu faktor yang mempengaruhi upaya seseorang dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah pengetahuan. Kebiasaan mahasiswa kedokteran gigi sebagai calon tenaga kesehatan gigi akan menjadi teladan bagi masyarakat dalam mengadopsi kebiasaan menjaga kesehatan gigi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan kebiasaan menyikat gigi dan kunjungan ke dokter gigi pada mahasiswa kedokteran gigi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah analitik observasional dengan metode potong lintang. Sebanyak 155 mahasiswa kedokteran gigi Fakultas Kedokteran Gigi UGM angkatan 2014-2017 menjadi subjek penelitian. Pengambilan data dilakukan menggunakan tiga kuesioner terstruktur, yaitu kuesioner pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, kuesioner kebiasaan menyikat gigi dan kunjungan ke dokter gigi yang diisi sesuai pengetahuan dan kebiasaan mahasiswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman karena data tidak terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara pengetahuan kesehatan gigi dengan kebiasaan menyikat gigi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UGM (r = 0,04; p = 0,62). Penelitian juga menunjukkan tidak ada hubungan antara pengetahuan kesehatan gigi dengan untuk pengetahuan dengan kunjungan ke dokter gigi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UGM (r = 0,06; p = 0,43). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan kebiasaan menyikat gigi dan kunjungan ke dokter gigi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UGM .

Brushing habit and dental visit still become the main preventive treatment in order to maintain oral health. One of some factors that affect the efforts to maintain oral health is the individual oral health knowledge. Behaviours of dental students as the future professional dental practitioners will be the model for community to maintain oral health care. This study aimed to observe the relationship between oral health knowledge with brushing habit and dental visit of dental student at Faculty of Dentistry Gadjah Mada University. This was an analytical observational study with cross sectional design. A total of 155 dental students at Faculty of Dentistry Gadjah Mada University year class 2014-2017 participated as the subject of this study. Data were collected by three self-administered structured questionnaire which are oral health knowledge questionnaire, brushing habit questionnaire, and dental visit questionnaire. The results analysed by Spearman correlation test because data variables were not normally distributed. The correlation study showed result that there is no relationship between oral health knowledge with brushing habit among dental student at Faculty of Dentistry Gadjah Mada University (r = 0,04; p = 0,62). Study also showed that there is no relationship between oral health knowledge and dental visit among dental student at Faculty of Dentistry Gadjah Mada University (r = 0,06; p = 0,43). The conclusion of this study is there is no relationship between oral health knowledge level with the brushing habit and dental visit among dental student at Faculty of Dentistry Gadjah Mada University.

Kata Kunci : Kebiasaan, Mahasiswa Kedokteran Gigi, Pengetahuan, behaviour, dental students, knowledge

  1. S1-2018-366967-abstract.pdf  
  2. S1-2018-366967-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-366967-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-366967-title.pdf