Laporkan Masalah

PERAWATAN BOGIE KERETA TB-398 DI UPT DEPO KERETA SEMARANG PONCOL

WAHYU ANTORO I N H, Widia Setiawan, S.T., M.T.

2018 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESIN

Tugas utama dari Depo Kereta adalah menyediakan sarana kereta yang handal dan dapat digunakan tepat pada saat dibutuhkan. Depo Kereta Semarang Poncol merupakan salah satu depo yang ada di Daop 4 Semarang yang melayani perawatan kereta penumpang. Perawatan yang dilakukan di Depo kereta meliputi keseluruhan body dari kereta, dan salah satunya adalah perawatan bogie kereta TB-398. Bogie kereta ini merupakan pengembangan dari bogie NT 11 dan NT 60. Bogie tipe pedestal dengan balok ayun terbuat dari rangka baja yang di las. Komponen utamanya: rangka bogie, perangkat roda, sistem suspensi, peralatan rem, dan tumpuan serta penerus gaya traksi. Dalam melakukan perawatan kadang ditemukan beberapa kerusakan yang terjadi pada bogie kereta TB-398 diantaranya, terjadi cacat/kerusakan pada roda kereta, dan patah pegas suspensi. Perawatan yang dilakukan meliputi perawatan satu bulanan (P1), kemudian perawatan tiga bulanan (P3), perawatan enam bulan (P6), dan perawatan satu tahun (P12). Prosedur perawatan bogie yang dilakukan pertama memisahkan body kereta dengan bogie kereta, kemudian mengecek/memeriksa komponen bogie. Selanjutnya pembersihan dan pelumasan bogie kereta, dan terakhir memasang kembali body kereta dengan bogie kereta. Saat penulis melakukan perawatan bogie kereta komponen bogie kereta yang mengalami kerusakan pada bagian roda yaitu cacat spalling, cacat thermal crack, dan cacat pada pegas primer yaitu pegas patah. Kata kunci: perawatan bogie, kerusakan bogie

The main function of Bogie Refreshment stand ( Depo Kereta )is supply the bogie tool that trade on and can be use anytime exactly. Semarang Poncol Bogie Refreshment stand is on of refreshment stand that located on Operational area 4 Semarang which is serve the treatment of train passenger. The treatments performed in that area such as the whole of the body train, and one of that is treatment of the train bogie TB-398. This bogie train is developing of bogie NT 11 and NT 60. The pedestal bogie type with swing bar was made by welded steel frame. The main component are: the bogie frame, wheel device, suspention system, brake instrument , the pillar, and the relation of traction energy. During the treatment, sometime it founds some demages that happen in the bogie train TB-398 that are, deformity/demage in the wheel of the train, and the broken of suspention spring. The kind of treatments such as one monthly treatment (P1), then three monthly treatment (P2), six monthly treatment (P3), and one year treatment (P12). The first procedure treatment is sparated the train body with the train bogie, and then cross check the bogie components. The next step is cleaning and lubrication into train bogie, and the last is put a back the train body with the train bogie. When the writer doing treatment of train bogie and bogie component that had damaged in part of wheel is called spalling deformity, thermal crack deformity, and deformity of the premier spring is called broken spring. Key word: treatment of train bogie, demages in the bogie train.

Kata Kunci : Perawatan bogie, kerusakan bogie

  1. D3-2018-337421-abstract.pdf  
  2. D3-2018-337421-bibliography.pdf  
  3. D3-2018-337421-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2018-337421-title.pdf