FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN STARTUP DIGITAL DI YOGYAKARTA
MARIA DOLOROSA K P, Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D. ; Ir. P. Insap Santosa, M.Sc., Ph.D.
2018 | Tesis | S2 Teknik ElektroTingginya jumlah pengguna internet di Indonesia telah menjadikan Indonesia sebagai lahan besar untuk mengembangkan e-commerce dan bisnis aplikasi digital. Potensi ini mengundang para calon wirausaha untuk berlomba-lomba mendirikan perusahaan pemula atau lebih dikenal dengan startup. Startup digital merujuk pada perusahaan yang bergerak dengan memanfaatkan teknologi informasi dan internet karena beroperasi melalui website. Perkembangan startup di Indonesia memang cukup pesat, namun meningkatnya jumlah startup di Indonesia juga sebanding dengan angka kegagalan yang menimpanya. Faktanya, angka kegagalan startup di seluruh dunia bisa mencapai 90%. Tingginya angka kegagalan startup dapat menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan startup digital di Yogyakarta. Metodologi yang digunakan adalah dengan melakukan survei kepada pendiri startup digital dengan menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan pada model penelitian yang diajukan. Sebanyak 32 pendiri startup menjadi responden dalam penelitian ini. Data hasil survei dianalisis dengan SEM dengan pendekatan PLS dengan bantuan software SmartPLS 3.2.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman kerja pendiri startup digital menjadi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan startup. Faktor lain seperti usia, latar belakang pendidikan, keterampilan non formal, ketersediaan broadband, kecepatan broadband, tarif broadband, kerahasiaan data pengguna, integritas sistem, dan ketersediaan data saat diakses ditemukan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan startup.
The high number of internet users in Indonesia has made Indonesia as a great land for developing e-commerce and business digital applications. This potential invites entrepreneurial candidates to compete to establish a beginner company or known as startup. Digital startup refers to companies that using information technology and the internet because it usually operates through the website. The development of startup in Indonesia was quite rapid, but the increasing number of startup in Indonesia was also proportional to the number of failures that hit startup. In fact, the number of startup failures worldwide could reach 90%. The high number of startup failures can be the barrier to the growth of digital economy in Indonesia. This study aims to determine the factors that can influence the growth of digital startup in Yogyakarta. The methodology used is conducting a survey to the founders of digital startup in Yogyakarta use a questionnaire prepared based on the proposed research model. 32 startup founders have contributed in this study. Survey result were analyzed by SEM PLS using software SmartPLS 3.2.3. The result showed that the work experience of the founders of digital startup became a factor influencing startup growth. Other factors such as age, education, non formal skill, broadband availability, broadband speed, broadband price, confidentiality, integrity, and availability of the data have no effect on startup growth.
Kata Kunci : Startup, Sumber Daya Manusia, Broadband, Keamanan siber