Laporkan Masalah

ANALISIS QUALITY OF SERVICE (QOS) PADA IMPLEMENTASI WOWZA STREAMING ENGINE MENGGUNAKAN REAL TIME MESSAGING PROTOCOL (RTMP)

DWI AGUS QOMARUL H, Alif Subardono, S.T., M.Eng.

2018 | Tugas Akhir | D4 TEKNOLOGI REKAYASA INTERNET

Streaming merupakan salah satu teknologi yang mengizinkan file untuk digunakan secara langsung dalam melihat video tanpa harus menunggu selesainya unggahan (download) dan berlangsung secara berkelanjutan. Penggunaan streaming dapat memanfaatkan teknologi Wowza Streaming Engine yang merupakan sebuah teknologi dengan menyediakan layanan broadband (jaringan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data). Terdapat beberapa permasalahan yang dapat berpengaruh pada performansi dari video streaming yaitu lemahnya laju transmisi dan kualitas video yang kurang begitu bagus atau jernih, sehingga dibutuhkan QoS (Quality of Service) yang bagus dari sisi server streaming. Dalam melakukan pengukuran QoS (Quality Of Service) dari Wowza Streaming Engine dengan penerapan konsep yang digunakan yaitu melihat parameter delay, throughput, Jitter, dan packet loss dan menggunakan bantuan RTMP (Real Time Messaging Protocol) sebagai protokol untuk menjalankan Wowza Streaming Engine, dengan adanya broadband membantu dalam memberikan performa tinggi dalam transmisi audio, video, dan data dalam mempublikasi video live dan on demand. Didapatkan hasil dari penelitian, Semakin tinggi bitrate yang digunakan maka delay yang didapatkan dari streaming semakin kecil begitupun juga sebaliknya. Adapun rata - rata throughput dan packet loss juga semakin besar. Hasil dari pengujian jitter dipengaruhi oleh rata - rata delay pada pengujian dengan bantuan stopwatch. Parameter QoS pada pengujian Wowza Streaming Engine sangat dipengaruhi juga oleh bandwidth karena semakin besar bandwidth maka kualitas layanan akan semakin bagus.

Streaming is one of the technologies that allows files to be used directly in viewing videos without having to wait for the completion of a download and takes place on an ongoing basis. The use of streaming technology can utilize Wowza Streaming Engine which is a technology by providing broadband services (wide frequency network used to send and receive data). There are some issues that may affect the performance of streaming video, such as weak transmission rate and less good or clear video quality, so it needs good QoS (Quality of Service) from the server side streaming. In measuring QoS (Quality Of Service) of Wowza Streaming Engined by applying the concept of viewing delay parameters, throughput, Jitter, and packet loss and using RTMP (Real Time Messaging Protocol) as protocol to run Wowza Streaming Engine, with broadband help in delivering high performance in audio, video, and data transmission in publishing live and on demand video. The results from research,higher bitrate used then the delay obtained from streaming smaller and vice versa. The average throughput and packet loss is also getting bigger. The results of the jitter test were influenced by the average delay in the test with the help of the stopwatch. QoS parameters in testing Wowza Stream Engine is greatly influenced by bandwidth because the greater the bandwidth, the better the service quality.

Kata Kunci : Wowza Streaming Engine, QoS, RTMP, Video On Demand, Live Streaming Video

  1. D4-2018-361507-abstract.pdf  
  2. D4-2018-361507-bibliography.pdf  
  3. D4-2018-361507-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2018-361507-title.pdf