ANALISA KERUSAKAN ENGINE HIGH BLOW-BY PRESSURE PADA MESIN SAA6D114E-3 PC 300-8 KOMATSU
RINTO WAHYU WIDODO, Harjono, S.T., M.T.
2018 | Tugas Akhir | D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PERAWATAN ALAT BERATExcavator merupakan jenis alat berat yang memiliki jam kerja tinggi karena sifatnya yang multifungsi, sehingga dapat digunakan untuk menggali, memuat, mengangkat dan meratakan. Mengingat begitu banyaknya aplikasi dari excavator ini, maka komponen excavator sering mengalami kerusakan. Salah satu komponen utama pada excavator yang sering mengalami kerusakan adalah mesin diesel. Kerusakan yang sering terjadi pada mesin diesel adalah high blow-by pressure. High blow-by pressure adalah kondisi dari tekanan pada oil pan yang terlalu tinggi atau melebihi standar. Kerusakan ini disebabkan oleh kebocoran tekanan yang berlebih dari ruang bakar menuju ke oil pan melalui celah yang terdapat pada liner. Dampak yang sangat terasa dari high blow-by pressure adalah menurunnya tenaga mesin, sehingga diperlukan overhaul untuk mengembalikan performa mesin diesel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gejala dari high blow-by pressure, untuk mengetahui penyebab dari high blow-by pressure, untuk mengetahui dampak dari high blow-by pressure dan untuk mengetahui solusi untuk menyelesaikan kerusakan high blow-by pressure. Penelitian dilakukan dengan pengujian tekanan blow-by serta pembongkaran mesin diesel untuk melihat kondisi komponen setelah terindikasi high blow-by pressure. Pengujian tekanan blow-by dilakukan dengan menggunakan blow-by tester. Pengujian tekanan blow-by dilakukan pada excavator dengan kondisi high idle. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penyebab dari kerusakan high blow-by pressure adalah melelehnya bagian atas piston sehingga terdapat partikel komponen piston yang bergesekan dengan liner dan menyebabkan goresan pada liner. Goresan tersebut mengakibatkan terbentuknya celah, sehingga tekanan dari ruang bakar bocor menuju oil pan. Dampak yang ditimbulkan dari high blow-by pressure adalah penurunan tenaga mesin, sehingga excavator PC 300-8 tidak dapat bekerja secara maksimal.
Excavators are heavy construction equipments designed for executing several construction tasks, such as digging, loading, lifting, and levelling. For fulfilling such heavy tasks, excavators are often experiencing components damage. Diesel engine is one of its components often dealing with those damages. High blow-by pressure is kind of a damage that often happens. High blow-by pressure is a condition in which oil pan experiencing high pressure exceeding standards. This damage is caused by pressure leakage from the combustion chamber to the oil pan through fissure on the liner. The most noticeable impact of high blow-by pressure is the decrease in engine power, so overhaul is required to restore diesel engine performance. This research aims to find out four things: indications of high blow-by pressure, cause of high blow-by pressure, impact of high blow-by pressure and solutions to fix high blow-by pressure. This study was done by testing blow-by pressure and diesel engine overhaul to see the condition of the component after indicated high blow-by pressure. Blow-by pressure test is performed using blow-by tester. Blow-by pressure testing is performed on excavators with high idle conditions. This research concludes that high blow-by pressure failure is caused by the melting of the upper part of piston, thus allowing friction between the piston component particle and liner, causing the liner to scratch. A fissure formed and pressure from the combustion chamber leaked to the oil pan. The impact of high blow-by pressure is the decrease of engine power, so the PC 300-8 excavator can not operate optimally.
Kata Kunci : diesel engine, blow-by, pressure leakage, excavator.