PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI MOBILE HOMECARE UNTUK PERAWATAN NYERI PADA KLINIK TULUS SEHATI
NUR FITRI FEBRIANI, Nur Rokhman, S.Si., M.Kom
2018 | Tugas Akhir | D3 REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATANLatar Belakang : Klinik Tulus Sehati memiliki beberapa jenis layanan perawatan, salah satunya adalah perawatan nyeri. Alasan pembuatan perancangan antarmuka aplikasi mobile homecare untuk perawatan nyeri adalah karena rasa nyeri merupakan gejala umum yang banyak dirasakan oleh pasien Klinik Tulus Sehati. Dari hasil wawancara dengan perawat Klinik Tulus Sehati, dikatakan bahwa pendokumentasian keperawatan untuk pasien homecare tidak seluruhnya dicatat karena pendokumentasian masih bersifat manual, dimana keadaan ini menyulitkan perawat untuk melakukan dokumentasi keperawatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perancang tertarik untuk membuat desain antarmuka aplikasi mobile homecare yang berisi rekam keperawatan elektronik perawatan nyeri bagi pengguna perawat dan aplikasi mobile home care untuk pengguna pasien home care Klinik Tulus Sehati. Tujuan : Perancangan ini bertujuan untuk membuat desain antarmuka aplikasi mobile homecare untuk perawatan nyeri pada Klinik Tulus Sehati Metode : Dalam perancangan aplikasi ini terdapat dua tahapan yaitu analisis kebutuhan dan perancangan. Perancangan dimulai dengan analisis kebutuhan pengguna berdasarkan wawancara dan kuesioner dari calon pengguna aplikasi. Hasil : Perancangan tampilan antarmuka ini menghasilkan tiga jenis desain yaitu desain proses, desain basis data, dan desain antarmuka. Desain proses terdiri dari diagram konteks, DAD Level 1, dan DAD Level 2. Desain basis data terdiri dari Entity Relationship Diagram pasien dan perawatan nyeri serta tabel relasi pasien dan perawat. Desain antarmuka terbagi menjadi dua berdasarkan penggunanya yaitu desain antarmuka aplikasi mobile homecare untuk perawatan nyeri untuk pengguna pasien dan perawat. Kesimpulan : Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pengguna telah dibuat rancangan desain antarmuka aplikasi mobile homecare untuk perawatan nyeri. Kata Kunci : Desain Antarmuka, Mobile, Homecare, Perawatan Nyeri
Background : Tulus Sehati Clinic provides several nursing health care services. One offered service in the clinic is pain management. Pain is a common symptom experienced by visiting patients in the clinic. An interview performed to identify existing problems during care delivery. Nurses reported to face obstacles in the documentation as it currently executed manually. Research to design an appropriate nursing documentation required. A home care application and electronic pain nursing documentation interface design need to be produced to maintain the clinic problem. Objective : This design aims to create an interface design of homecare mobile application for pain management at Tulus Sehati clinic. Methods : Two stages passed through during the application interface development. The stages are need assessment and design. Interface development begin with demands analysis based on interviews and questionnaires from potential application users. Second stage accomplished by building assets and mobile interface design. Result : Design of the application display interface produces three forms of process design, database design, and interface design. Process design consists of context diagram, DAD Level 1, and DAD Level 2. Database design consists of Entity Relationship: diagram of patient and pain management and nurses-patient relationship interaction table. Interface design distributed into two product development based on the users need. The products are mobile homecare application interface design for pain management and nurses-patient users. Conclusion : Based on need assessment analysis has been designed mobile homecare application interface design for pain management. Keywords : Interface, Mobile Homecare, Pain Care
Kata Kunci : Desain Antarmuka, Mobile, Homecare, Perawatan Nyeri