Analisis Perhitungan Biaya Satuan Pendidikan dengan Metoda Activity Based Costing (ABC) : Studi Kasus di SMK Negeri 6 Yogyakarta
DYAH AYU RAHMAWATI, Rusdi Akbar, M.Sc., Ph.D., CMA., Ak., CA.
2018 | Skripsi | S1 AKUNTANSITujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara sekolah dalam menentukan biaya satuan pendidikan untuk siswa di salah sekolah menengah kejuruan, mengetahui besaran biaya pendidikan yang dihitung berdasarkan metode ABC, serta membandingkan antara kedua metode tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 6 Yogyakarta dengan tahun anggaran 2017/2018. SMK Negeri 6 Yogyakarta memiliki tujuh paket keahlian, yaitu usaha perjalanan wisata, akomodasi perhotelan, jasa boga, patiseri, teknik kecantikan kulit, teknik kecantikan rambut, dan tata busana. Penelitian ini berfokus pada analisis biaya satuan pendidikan dengan menggunakan metode ABC kemudian membandingkan besaran biaya SPP dengan yang telah diterapkan oleh sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPP yang ditetapkan oleh sekolah tidak menggunakan metode khusus, hanya menetapkan angka sesuai dengan regulasi yang berlaku tanpa mempertimbangkan biaya operasional yang terjadi. Metode konvensional ini menyebabkan kurang tepatnya penentuan biaya pendidikan yang ditanggung oleh siswa. Metode ABC membantu dalam menganalisis aktivitas apa yang perlu dikurangi atau eliminasi sehingga sekolah dapat merencanakan penganggaran dan evaluasi atas aktivitas yang telah dijalankan menjadi lebih efisien lagi.
The aim of this research is to know how a school determining tuition unit cost for its students in one of vocational high school in Yogyakarta ,to know how much the unit cost for education using ABC method, and compare between them. This research took place at SMK Negeri 6 Yogyakarta for academic year 2017/2018. SMK Negeri 6 Yogyakarta has seven study programs: tourism travel, hotel accommodation, culinary, pastry, skin care beauty, hairdressing, and fashion. This research focused on tuition unit cost analysis using ABC method, then compare the unit cost with the system that school has implemented. The results showed that unit cost which school has implemented did not used any specific method, just determine the unit cost from adjusting with local regulation without considering operational cost occurred. This traditional method caused less accurate in determine unit cost which students has to bear. ABC method help to analyze what kind of activity that has to be diminished or eliminated so the school can plan the budgeting better and evaluate for activities to be more efficient.
Kata Kunci : Activity Based Costing, Unit Cost, Akuntansi Biaya, Tarif SPP, Sekolah, Pendidikan, Publik