Laporkan Masalah

Adaptasi dan Evaluasi Properti Psikometris Academic Motivation Scale (AMS) dalam versi Bahasa Indonesia

RAMADHAN DWI MARVIANTO, Widhiarso, S.Psi., MA.

2018 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi skala Academic Motivation Scale (AMS) ke dalam bahasa Indonesia dan melakukan evaluasi properti psikometri terhadap skala hasil adaptasi AMS. Properti psikometri yang akan dianalisis meliputi properti tes level butir dan skala. Pengambilan data menggunakan survei daring pada 617 siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan Teori Tes Klasik (Classical Test Theory). Properti yang dianalisis meliputi daya diskriminasi butir, rerata butir, dan standar deviasi butir untuk properti psikometris tingkat butir. Pada tingkat tes/skala, properti yang dianalisis ialah validitas dan reliabilitas. Prosedur adaptasi yang dilakukan mengikuti pedoman adaptasi yang cukup adekuat. Temuan dalam evaluasi properti psikometris menunjukkan skala hasil adaptasi AMS ini memiliki daya diskriminasi, rerata, dan standar deviasi butir yang memuaskan. Pada properti level tes, skala ini telah memiliki empat bukti validitas yang baik meliputi bukti validitas berdasarkan isi, bukti validitas berdasar proses respons subjek, bukti validitas berdasarkan struktur internal skala dan bukti validitas berdasar hubungan dengan variabel lain. Reliabilitas seluruh dimensi pada skala ini berkisar 0,73 - 0,90 sedangkan reliabilitas untuk tingkat skala menggunakan reliabilitas berstrata sebesar 0,90. Dengan demikian, skala AMS hasil adaptasi memiliki bukti validitas yang memuaskan dan menghasilkan skor yang reliabel sehingga sudah dapat digunakan.

This study aims to adapt the Academic Motivation Scale (AMS) scale into Indonesian language and conduct psychometric property evaluation on the adaptation scale of AMS. The psychometric properties to be analyzed include item-level and test-level. Data collection using online survey on 617 high school students in Yogyakarta. Data analysis was done by using Classical Test Theory approach. The analyzed property includes item discrimination index, item mean, and standard deviation of item for item-level psychometric properties. At the test/scale-level, the analyzed properties are the validity and reliability. Adaptation procedures performed following adequate adaptation guidelines. Findings on the psychometric property evaluation shows the adaptation scale of AMS has satisfactory item discrimination index, item mean, and standard deviation. At the test level, the scale has four satisfactory validity evidences including evidence based on test-content, evidence based on the subject response process, evidence based on the internal structure of the scale and evidence based on association among other variables. The reliability of all dimensions on this scale is about 0,73 - 0,90 whereas reliability for the scale uses reliability is 0,90. Thus, the adaptation of AMS scale has satisfactory validity evidences and yields a reliable score so it can be used.

Kata Kunci : Alat ukur motivasi, Academic Motivation Scale, Motivasi, Evaluasi proeperti psikometris.

  1. S1-2018-362362-Abstract.pdf  
  2. S1-2018-362362-Abstract_id.pdf  
  3. S1-2018-362362-Bibliography.pdf  
  4. S1-2018-362362-Tableofcontent.pdf  
  5. S1-2018-362362-Title.pdf