Laporkan Masalah

PERUBAHAN ASAS PENGORGANISASIAN PADA PENGURUSAN SURAT DI SUBBAGIAN PERSURATAN DAN KEARSIPAN KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL, DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA

MARETA PRAMESTI A, Titi Susanti, S.S., M.P.A.

2018 | Tugas Akhir | D3 KEARSIPAN

Tugas Akhir ini membahas mengenai proses pengurusan surat di Subbagian Persuratan dan Kearsipan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia. Pembahasannya mencakup pengurusan surat menggunakan asas desentralisasi, pengurusan surat menggunakan asas kombinasi, perbedaan proses pengurusan surat antara asas desentralisasi dan kombinasi, serta kendala yang dihadapi dalam proses pengurusan surat. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui proses pengurusan surat di organisasi tersebut. Proses penulisan ini menggunakan tiga metode meliputi studi pustaka, observasi partisipatif, dan wawancara. Studi pustaka adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menganalisis berbagai literatur yang berkaitan dengan tema penulisan. Observasi partisipatif merupakan metode pengumpulan data dengan cara penulis melakukan pengamatan dan terlibat secara langsung pada proses pengurusan surat di organisasi tersebut. Wawancara adalah teknik pencarian data dengan cara bertanya langsung kepada narasumber. Kesimpulan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah pelaksanaan pengurusan surat di Subbagian Persuratan dan Kearsipan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tetinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia sudah cukup baik. Pada proses pengurusan surat di organisasi tersebut terjadi pergantian asas pengorganisasian dan pelaksanaannya masih dilakukan secara konvensional.

Final report describes about the process of mail handling in Subbagian Persuratan dan Kearsipan Ministry Of Village, Development Of Disadvantaged Region, And Transmigration Republic Of Indonesia. This final report consists mail handling with decentralization and combination principle, the differences of mail handling about those principles, and the obstacles in mail handling process. The goal of this final report is knowing the process of mail handling in that organization. This final report used three research methods which are literature study, participatory observation, and interview. The method of literature study is data collection technique is done by analyzing the various literature related to the theme of this final report’s title. Participatory observation is a method of collecting data by doing observation and get involved directly on the process of mail handling in that organization. Interview is a technique to search data by asking directly to the interviewees. The conclusion of this final report that the implementation of mail handling in Subbagian Persuratan dan Kearsipan Ministry Of Village, Development Of Disadvantaged Region, And Transmigration Republic Of Indonesia is good enough. There is a change of organizing principle and its implementation is still done conventionally on the process of mail handling in that organization.

Kata Kunci : Arsip Korespondensi, Pengurusan Surat, Asas Pengorganisasian

  1. D3-2018-380464-abstract.pdf  
  2. D3-2018-380464-bibliography.pdf  
  3. D3-2018-380464-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2018-380464-title.pdf