FORMULASI KANVAS MODEL BISNIS PT MEGA ANDALAN RODA KASTOR
SANDY SUGAMA, Bayu Sutikno, S.E.,Cand.Merc., Ph.D.,
2018 | Tesis | Magister ManajemenPT MARK merupakan salah satu bentuk hasil dari strategi diversifikasi yang dilakukan PT MAK untuk mengembangkan bisnisnya. Sebagai perusahaan yang baru PT MARK perlu memiliki adanya sebuah model bisnis. Model bisnis membantu perusahaan dalam menentukan kegiatan bisnis yang efektif dan efisien, sehingga pada akhirnya produk dari perusahaan tersebut dapat sukses di pasaran. Salah satu kerangka berpikir untuk membuat model bisnis adalah kanvas model bisnis. Kanvas model bisnis dikembang oleh Osterawalder dan Pigneur. Kanvas model bisnis dapat memberikan gambaran mengenai model bisnis yang digunakan oleh sebuah perusahaan dan hubungan yang terjadi antar elemen yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis yang tepat dan melakukan modifikasi model bisnis bagi PT Mega Andalan Roda Kastor dengan menggunakan analisis kanvas model bisnis. Untuk melengkapi analisis kanvas model bisnis, terdapat analisis PESTEL dan analisis lingkungan dari Osterwalder dan Pigneur sebagai analisis eksternal perusahaan. Hasil dari penelitian ini terdapat dua kanvas model bisnis, yang pertama adalah kanvas model bisnis yang menggambarkan kondisi model bisnis perusahaan pada saat ini dan kanvas model bisnis baru yang menunjukan model bisnis apa yang tepat bagi perusahaan di masa mendatang.
PT MARK is one form of the result of a diversification strategy undertaken by PT MAK to develop their business. As a new company PT MARK needs to have a business model. The business model helps the company in determining the effective and efficient business activity, in the end the product from the company can be successful in the market. One of the frameworks for creating a business model is the canvas of a business model. The business model canvas is developed by Osterawalder and Pigneur. Canvas business model can provide an overview of the business model used by a company and the relationships that occur between existing elements. This study aimed to design the right business model and modify the business model for PT Mega Andalan Roda Kastor by using canvas model of business model. To complement the business model's canvas analysis, there is PESTEL analysis and environmental analysis from Osterwalder and Pigneur as an external analysis of the firm. The results of this study are two canvas business models, the first is a canvas business model that describes the condition of the company's current business model and the new business model canvas that shows what the right business model for the company in the future.
Kata Kunci : formulasi model bisnis, kanvas model bisnis, analisis PESTEL, strategi, analisis eksternal, model bisnis.