PERAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA SMA DI DIY
LUTHFIASARI SEKAR FATIMAH, Haryanta, S.Psi.,M.A.,Psikolog
2018 | Skripsi | S1 PSIKOLOGILiterasi digital merupakan seperangkat kemampuan yang sangat diperlukan oleh setiap individu, khususnya remaja yang sebagian besar masih berstatus pelajar. Kajian terkait faktor yang mempengaruhi literasi digital sangat penting, meskipun begitu penelitian tersebut masih jarang dilakukan. Salah satu hal yang diduga memiliki peranan positif terhadap literasi digital adalah motivasi berprestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peran positif motivasi berprestasi terhadap kemampuan literasi digital pada siswa SMA di DIY. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat peran peran positif motivasi berprestasi terhadap kemampuan literasi digital pada siswa SMA di DIY. Variabel motivasi berprestasi diukur menggunakan skala motivasi berprestasi yang disusun oleh peneliti, sedangkan variabel literasi digital diukur menggunakan skala literasi digital yang disusun oleh Ramdhani, dkk (2013). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI yang tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta (N=258). Analisis dilakukan dengan metode regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan nilai F = 93.492 (p=0,000) dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,268. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima, dengan sumbangsih peranan motivasi berprestasi sebesar 26.8% terhadap kemampuan literasi digital.
Digital literacy is a set of abilities that really important for every individuals especially teenagers who are mostly students. Research about factors that elicit digital literacy is necessary, yet it�s still rare. One of the factors that predicted has a role to emerge digital literacy is achievement motivation. The purpose of this study is to find out whether achievement motivation has a positive role towards digital literacy of high school students in DIY. The hypotheses of this study is achievement motivation has a positive role towards digital literacy of high school students in DIY. Achievement motivation variable was measured with achievement motivation scale arranged by the researcher, meanwhile the digital literacy scale by Ramdhani, dkk (2013) used as a tool. The subjects of this study is high school students in a second grade around Daerah Istimewa Yogyakarta (N=258). Data analysis using regression linear showed that F value is 93.492 (p=0,000) and coefficient determination (R2) was 0.268, means that hypotheses was accepted. Another result indicates that achievement motivation has a role amounted 26.8% towards digital literacy.
Kata Kunci : literasi digital, motivasi berprestasi, siswa SMA