MUSLIM IDENTITY AND ISLAMIC MUSIC INDUSTRY STUDY OF MAHER ZAIN INDONESIA FANS CLUB
RIFQI FAIRUZ, Dr. Zainal Abidin Bagir
2017 | Tesis | S2 Agama dan Lintas BudayaTesis ini akan menguraikan fenomena terkini tentang musik Islam yang merupakan industri besar di Indonesia. Salah satu penyanyi Muslim terkemuka adalah Maher Zain, yang dikenal di seluruh dunia. Indonesia merupakan konsumen utama bersama Malaysia. Popularitas Maher Zain dan musiknya membentuk basis penggemar di kalangan pemuda Muslim Indonesia. Dengan meningkatnya kecenderungan politik aspirasional dan Islamisme, tesis ini akan memberi gambaran tentang saling pengaruh antara industri musik Islam dan beberapa institusi Islam yang mengusung misi politik aspirasi Islam. Saling pengaruh tersebut kemudian berujung pada identitas para fans muda Muslim yang menggunakan fans club mereka sebagai wahana untuk mengalami religiusitas dan memperkuat identitas umat Islam. Dengan meneliti religiusitas para penggemar yang berafiliasi dengan Fans Club Maher Zain Indonesia, tesis ini akan menunjukkan bahwa industri musik Islam berperan dalam membentuk identitas umat Islam Indonesia saat ini. Para penggemar Muslim mengindikasikan bahwa mereka bisa menegosiasikan iman Islam mereka tanpa mengorbankan komitmen Islam mereka. Di sisi lain, fenomena ini menunjukkan penggemar Muslim yang cukup terbuka terhadap modernitas namun berjarak dari aspirasi politik.
This thesis will elaborate the current phenomenon of Islamic music which constitutes a major industry in Indonesia. one of the leading Muslim singer is Maher Zain, who is recognized worldwide. Indonesia constitutes the major consumers along with Malaysia. The popularity of Maher Zain and its music thus shaping a fan base among Indonesian Muslim youths. With the increasing trends of Indonesian aspirational piety and Islamism politics, the thesis will provide an insight regarding interplay of power between Islamic music industry and Islamic based foundations. The interplay then resulting to an identity of young Muslim fans who use their fans club as a vehicle to experience self-religiosity and strengthen bond to Muslims identity. By examining the religiosity of the fans who are affiliated with Maher Zain Indonesia Fans Club, this thesis will show that the Islamic music industry plays a role in shaping the identity of Indonesian Muslims today. The Muslim fans indicated that they could negotiate their Islamic faith without sacrificing their commitment as Muslim. On the other hand, this phenomenon exposes current Indonesian Muslim society who are open to modernity but distant themselves from Islamic political aspirations.
Kata Kunci : Maher Zain, Fans Club, Industri Musik, Identitas, Islam, Indonesia