Laporkan Masalah

EVALUASI PENERAPAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA (STUDI PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BANTUL)

JOHAN NINDYA P, Rusdi Akbar, M.Sc., Ph.D., CMA., Ak., CA.

2018 | Tesis | S2 Akuntansi

Sistem pengukuran kinerja merupakan suatu mekanisme yang memperbaiki kemungkinan bahwa organisasi akan mengimplementasikan strateginya untuk me-wujudkan hasil dan outcome yang akan dicapai dengan berhasil. Capaian indi-kator kinerja digunakan untuk mengukur keberhasilan kinerja pemerintah dan diharapkan berorientasi pada hasil yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat. Pendekatan OPM&M dapat digunakan untuk mengevaluasi penerapan sistem pengukuran kinerja dengan logic model dan melihat pola indikator kinerja dengan analisis empat kuadran yaitu memetakan indikator kinerja berada dalam kategori upaya (kuantitas/kualitas) atau dampak (kuantitas/kualitas). Tujuan penelitian ini adalah menunjukkan ada atau tidaknya hubungan logis dalam dokumen perencanaan hingga pelaporan pada penerapan sistem pengukuran kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, menguji indikator kinerja dengan menggunakan alat analisis cetak biru kinerja (performance blueprint), serta menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi dalam penerapan sistem pengukuran kinerja pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisis terhadap dokumen-dokumen SAKIP dan dikonfirmasi melalui wawancara kepada pihak-pihak yang berkaitan langsung de-ngan penerapan sistem pengukuran kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem pengukuran kinerja pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul belum sepenuhnya menunjukkan ke-selarasan dan kesesuaian informasi di antara dokumen-dokumen SAKIP. Hasil analisis dari empat kuadran menunjukkan bahwa sebagian besar indikator kinerja program Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul masih sebatas pada tipe upaya, yaitu kinerja yang dilakukan baru sebatas pada pelaksanaan program yang masih berorientasi pada penyedia layanan, belum terkait dengan masyarakat sebagai penerima layanan. Faktor-faktor yang memengaruhi penerapan sistem pengukuran kinerja Dinas Perhubungan adalah aspek tekanan dari luar organisasi, aspek kewenangan yang di luar Dinas Perhubungan, dan aspek koordinasi dengan pihak internal dan eksternal.

Performance measurement system is a mechanism targeted to improve the possibility for an organization to implement strategies in realizing and achieving its desired results and outcome. Achievements of performance indicators are used to measure government’s performance success, and it is expected to be oriented on results that give benefit to the society. The OPM&M approach can be used to evaluate the implementation of performance measurement system with a logic model and to view the patterns of performance indicators using a four-quadrant analysis, that is, mapping the indicators of performance into categories of efforts (quantity/quality) and effect (quantity/quality). This research aims to show the existence or absence of a logical correlation between planning documents and reporting documents in the implementation of a performance measurement system at the Transportation Service Office of Bantul Regency and to evaluate performance indicators using a performance blueprint analysis while explaining the factors that influence the implementation of a performance measurement system at the Transportation Service Office of Bantul Regency. This research is performed by making an analysis on SAKIP documents and confirm it by conducting interviews with parties who are directly involved with the performance measurement system implementation. The research results show that the performance measurement system implementation at the Transportation Service Office of Bantul Regency hasn’t been showing consistence and compliance of information among the SAKIP documents. The analysis results from the four quadrants show that most of the program performance indicators at the Transportation Service Office of Bantul Regency are still limited on efforts type in which the performance shown is limited to executing programs that are oriented to service provision, not yet associated with the society as the service recipients. The factors that influence the implementation of a performance measurement system at the Transportation Service Office are external pressure aspect; authority aspect outside of the Transportation Service Office; and coordination aspect with all parties, both internal and external.

Kata Kunci : pengukuran kinerja, indikator kinerja, pendekatan OPM&M, logic model, performance blueprint, teori isomorfisma.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.