Laporkan Masalah

MOTIVASI BELAJAR DAN IKLIM KELAS SEBAGAI PREDIKTOR PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MAN 2 PONT

Riszky Ramadhan,

2015 | Tesis |

Matematika merupakan ilmu pengetahuan dasar yang melandasi semua disiplin ilmu, baik ilmu eksak maupun ilmu sosial. Penguasaan matematika bagi para siswa akan menjadi sarana yang ampuh untuk mempelajari mata pelajaran lain, baik pada jenjang yang sama maupun pada jenjang yang lebih tinggi. Matematika juga merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Hal ini berarti bahwa penguasaan siswa pada mata pelajaran matematika sangat penting. Oleh karena itu, perlu kiranya mengetahui apakah motivasi belajar siswa dan persepsi siswa terhadap iklim kelas mampu menjadi salah satu upaya pendekatan dalam hal meningkatkan perolehan prestasi belajar matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MAN 2 Pontianak yang mengambil jurusan IPA yang berjumlah 70 siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan datanya adalah skala motivasi belajar dan iklim kelas, serta dokumentasi guna mendapatkan data prestasi belajar matematika. Data yang terkumpul kemudian di analis dengan analisis regresi ganda dua prediktor melalui bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan iklim kelas secara bersama-sama dapat memprediksi prestasi belajar matematika (F=25,413; p=0,00; R 2 =0,431). Motivasi belajar memiliki hubungan positif terhadap perolehan prestasi belajar matematika siswa (p=0,015), selanjutnya iklim kelas juga memiliki hubungan positif terhadap perolehan prestasi belajar matematika siswa (p=0,011).

Kata Kunci :


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.