Laporkan Masalah

Analisis pengaruh jenis iklan radio pada niat beli konsumen

Wibowo, Nugroho Adhi (Adv.. Basu Swastha Dh., Prof.Dr.MBA), Basu Swastha Dh.,Prof.Dr.MBA

2006 | Skripsi | S1 Management

Media radio sudah banyak digunakan sejak berpuluh tahun lalu dan saat ini semakin berkembang eukup pesat. Terlihat dari hasil survey yang dilakukan AC Nielsen bahwa penggunaan media radio sebagai sarana untuk beriklan, setelah sempat menurun pada masa krisis, menjadi meningkat eukup pesat sejak tahun 2000. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembuat Helan, karena peningkatan tersebut menggambarkan bahwa media radio menjadi salah satu media paling efektif sebagai sarana periklanan. Untuk itu agar dapat menjadi pemenang dalam kompetisi beriklan maka perlu diteliti eara paling efektif dalam membentuk niat beli suatu produk melalui Helan radio. Hal ini dilakukan karena terdapat dua jenis iklan radio, yaitu tklan ad lib dan iklan spot, yang memiliki kemungkinan perbedaan tingkat efektivitas pemasaran.



HasH dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan jalur (path) dalam proses pembentukan niat beli konsumen terhadap merek yang diiklankan dalam penggunaan dua jenis iklan radio yang berbeda, yaitu iklan ad lib dan iklan spot. Selain itu hasil penelitian memperlihatkan jalur proses pembentukan niat beli yang terbentuk dalam penggunaan iklan ad lib dan iklan spot dipengaruhi oleh frelcuensi pemutaran. Dengan adanya perbedaan frekuensi pemutaran, jalur proses pembentukan niat beli dalam diri pendengar masing-masing iklan menjadi berbeda.



Penelitian ini juga memperlihatkan adanya perbedaan tingkat efektivitas antara iklan ad lib dengan iklan spot dalam mempengaruhi pendengamya untuk membeli merek yang diiklankan berdasarkan hasil penelitian ini iklan jenis spot terbukti memiliki tingkat efektivitas pemasaran yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan iklan jenis ad lib.

-

Kata Kunci : Radio,iklan,niat beli ad lib,spot,efektivitas,frekuensi,path


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.