Laporkan Masalah

Web and Tourism A Study on The Relationship of Tourist Arrivals and Travel Blog Volumes

WIBOWO, DHANANG RAH (Adv.: Ike Jenita Dewi, Dr., M.B.A.), Ike Jenita Dewi, Dr., M.B.A.

2013 | Tesis | S2 Magister Management

Industri pariwisata adalah sektor yang penting bagi ekonomi setiap negara, karena keterkaitannya dengan banyak sektor yang lain. Pariwisata Indonesia, meskipun memiliki potensi yang tak terbantahkan, belum menunjukkan performa yang meyakinkan. Dibandingkan Thailand, yang hanya memiliki sepertiga wilayah darat Indonesia dan bahkan hanya seperlimapuluh wilayah lautnya, performa pariwisata negara tetangga tersebut mencapai tiga kali lipat performa pariwisata Indonesia berdasarkan data tahun 2008.

Penelitian ini mengembangkan pendekatan baru dalam memahami fenomena eWOM (electronic Word of Mouth) sehubungan dengan berkembangnya perilaku berwisata baru di seluruh dunia yang diseut Travel 2.0. Penelitian-penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa keberadaan eWOM di internet memiliki pengaruh terhadap keputusan berwisata para wisatawan. Penelitian ini, menggunakan konsep kausalitas kedua dari WOM yaitu WOM sebagai akibat dari aktivitas konsumsi, meneliti ada tidaknya hubungan antara kunjungan wisata ke suatu tujuan wisata dengan pertumbuhan eWOM di internet. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa membantu manajemen pariwisata Indonesia untuk mengambil keputusan strategis sehingga bisa menarik lebih banyak wisatawan asing ke Indonesia.

Malaysia, Vietnam, dan Thailand dipilih sebagai data pembanding untuk data dari Indonesia. Data kunjungan wisata diambil dari website pariwisata resmi tiap negara. Sementara data volume travel blog bulanan, dari Januari 2007 hingga Desember 2009, dalam TravelBlog.org dikumpulkan sebagai pengukuran eWOM. Kedua variabel dikorelasikan secara terpisah untuk tiap negara menggunakan teknik Pearson Product Moment.

Kecuali hasil korelasi Malaysia, data empiris menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan positif. Sehingga dapat disimpulkan jika kenaikan jumlah kunjungan wisata cenderung memiliki hubungan dengan pertumbuhan tinggi dari volume travel blog.

Tourism industry is an important sector for a countryÂ’s economy, because of its inter-linkage with many sectors. Indonesia tourism, despite its undeniable potentials, has not performed very well. Compared to Thailand which covers only one-third of Indonesia total land area and one-fiftieth of its ocean area, the performance of the neighborhood countryÂ’s tourism reached three fold of the performance of Indonesia tourism based on 2008 data.

This research is developing a new insight in understanding the existence of eWOM (electronic Word of Mouth) in light with its relation to new traveling behavior called Travel 2.0 that keep growing in all over the world. Past studies have proved that the existence of eWOM in the internet can influence travelersÂ’ destination choices. This study, using second causality concept of WOM which is WOM as result of consumption activities, is examining the relationship between tourist arrivals and the creation of eWOM. The result of the study is expected to help the management of Indonesia tourism to take a strategic decision to attract more international tourists to

visit Indonesia.

Malaysia, Vietnam, and Thailand are selected for the comparison of IndonesiaÂ’s data. Tourist arrivals data are collected from official tourism websites of each country. Monthly travel blog volumes data from January 2007 to December 2009 from TravelBlog.org are collected as eWOM measurement. Both variables are correlated separately for each country using Pearson Product Moment technique. Except correlation result of MalaysiaÂ’s data, empirical data show that both variables have positive relationship. Thus, it can be concluded that an increase in the number of tourist arrivals is positively related with the high growth in travel blog volume.

Kata Kunci : eWOM, electronic Word of Mouth, Tourism Marketing, Travel 2.0, Travel Blog


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.