Laporkan Masalah

Analisis Strategi Diferensiasi (Studi Kasus Pada Koran Investor Daily)

TEJANEGARA, I GEDE (Adv.: Fahmi Radhi, Dr., M.B.A.), Fahmi Radhi, Dr., M.B.A.

2013 | Tesis | S2 Magister Management

Perkembangan tehnologi dan peta persaingan media yang sangat ketat membutuhkan suatu strategi yang relevan dalam menghadapi persaingan. Untuk memenangkan persaingan ini salah satu caranya adalah dengan melakukan diferensiasi. Investor Daily sebagai koran berbahasa indonesia melakukan diferensiasi yang menampilkan berita seputar investasi dan pasar modal di indonesia.

Tesis ini menganalisa strategi diferensiasi yang dilakukan sebuah Koran ditengah situasi bisnis yang makin ketat dan menganalisa pula SWOT Analysis serta Key Succes Factors yang dimiliki untuk memenangkan persaingan dengan objek Koran Investor Daily. Tesis bertunjuan untuk menganalisa diferensiasi koran Investor Daily dibandingkan dengan pesaing sejenis yang terdekat dan terbesar. Hal ini diperlukan untuk melihat apakah strategi diferensiasi yang dilakukankoran Investor Daily relevan dengan perkembangan bisnis. Selanjutnya dibahas

mengenai lingkungan perusahan yang terdiri dari lingkungan external, lingkungan internal maupun lingkungan operasi perusahan pada kaitannya mendukung strategi koran Investor Daily tersebut.Ditambah dengan melakukan analisa SWOT dan mengevaluasi kemampuannya bersaing melalui 5 force model, dapat dipahami kemampuan perusahan untuk bersaing di pasar dan faktor kunci keberhasilannya.

Sebagai kesimpulan bahwa strategy diferensiasi yang dilakukan masih sangat relevan, didukung oleh lingkungan external perusahan yang sedang berkembang. Faktor Human Resources dan group perusahan Globe Media Group menjadi kekuatan terbesar untuk berkembang. Namun perkembangan penurunan pembaca media koran dan berkembangnya berbagai media baru mengharuskan perusahan melakukan diversifikasi bisnis.

Trend of tehnology and tight competition in media industry needs a relevant strategy to win the competition in the competititive market. To win a competitionsneed to be different.Investor Daily is an economic newpaper in bahasa, to serve specific information on investment news and capital market news in indonesia. This paper plan to analysis the differenciation strategy was doing by Investor Daily to be competitivewith others.

This paper analized using comparative evaluation with competitor base on publised news in newpapers. First competitor, its a biggest player in newspaper category (KOMPAS) and a second its a very close competitor in the segment (Bisnis Indonesia). To analize Investor Daily's strategy, this paper also contains analysis using external and internal company environment, SWOT analize, 5 force competition model, and finding the key success factors of Investor Daily to support differentiation strategy.

As on result that the differentiation strategy still relevan for the company based on external and internal company analysis and SWOT analysis. Investment and capital market growing was an important factor for the company in the future. The key success factor for Investor Daily is an employee who have capability to providing content and the company has supported by the big group media (Globe Media Group). Goverment policy in capital market and decreasing of newspaper readers,its a important considering to Investor Daily to create the diversification business to increasing their income.

Kata Kunci : Diferensiasi, strategi produk, media, surat kabar, peran tehnologi, Differenciation, Product Strategy, Media, Newspaper, Technology Influences


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.