Analisis Segmentasi Pasar Pada Konsumen Minimarket Tiga EF Kediri
SYAHPUTRA, FANDI REZA (Adv.: Basu Swastha Dharmmesta, Prof., Dr., M.B.A.), Basu Swastha Dharmmesta, Prof., Dr., M.B.A.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami aspek-aspek segmentasi pasar, berdasarkan aspek demografi, manfaat, dan psikografi konsumen. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis dan memahami segmentasi pasar pada minimarket Tiga EF. Peneliti menggunakan desain descriptive studies yang bertujuan Menggambarkan fenomena atau karateristik yang terkait dengan sebuah populasi objek (siapa, apa, kapan, dimana dan bagaimana). Mengestimasikan proporsi dari populasi yang memiliki karakteristik ini. Menemukan asosiasi diantara variabel yang berbeda. Metode deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi data primer berupa data kuantitaif, dengan melakukan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan data demografi, psikografi dan manfaat yang diambil dan di modifikasi dari Kartika (2007) dan Martias (2002).
Responden dalam penelitian ini berjumlah 257 orang konsumen minimarket Tiga EF, kemudian dari data yang diperoleh, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan confirmatory factor analysis (CFA). Data yang telah valid dan reliabel untuk selanjutnya diolah melalui analisis cluster dengan menggunakan metode non-hierarchical clustering procedures.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya 2 cluster atau segmen yang terbentuk pada konsumen minimarket Tiga EF. Segmen yang terbentuk tersebut adalah modern services dan modern confidence dimana memiliki perbedaan karakter yang signifikan. Modern services adalah segmen konsumen yang lebih mengutamakan pelayanan dan modern confidence adalah segmen konsumen yang senang akan hal-hal baru dan senang mengikuti trend mode terbaru.
This study aims to analyze and understand the aspects of market segmentation, based on demographic aspect, benefit, and psychographic. This research also aims to analyze and understand market segmentation on Tiga EF minimarket. The researcher used a descriptive design studies aimed Describing phenomena or characteristics associated with a population of objects (who, what, when, where and how). Estimate the proportion of population with these characteristics. Find associations between different variables. Descriptive method used in this study aims to find information on primary data, qualitative, by distributing questionnaires to obtain demographic data, psychographic and benefit taken and the modification of Kartika (2007) and Martias (2002).
Respondents in this research are about 257 people minimarket Tiga EF consumers, then from the data obtained, tested the validity and reliability study using confirmatory factor analysis (CFA). Data that has been valid and reliable to be processed through cluster analysis using a non-hierarchical clustering procedures.
The results of this study indicate the existence of two clusters or segments formed on the consumer Tiga EF minimarket. Formed segments are of modern services and modern character of confidence which has significant differences. Modern services is a segment of consumers who prefer the modern service and consumer confidence is a happy new things and happy to follow the latest fashion trends.
Kata Kunci : Segmentasi, Analisis Faktor, Analisis Cluster, Minimarket TigaEF , Segmentation, Factor Analysis, Cluster Analysis.