ANALISIS PENGARUH SITUASIONAL DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA KONSUMEN PRODUK HANDPHONE DI KOTA MADYA YOGYAKARTA
SULISDWIRIYANTO, R. ARI (Adv.Drs. John Suprihanto, MIM.), Drs. John Suprihanto, MIM.
Faktor situasional merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses keputusan pembelian. Sedangkan keputusan pembelian sebagai salah sato inti perilaku konsumen. Pengaruh situasional adalah keadaan-keadaan sementara yang terjadi di dalam suatu lingkungan pada suatu waktii dan tempat tertentu, yang terbagi tiga jenis yaitu situasi pembelian, situasi komunikasi, dan situasi pemakaian.
Pada penelitian ini penulis meneliti pengaruh faktor situasional pada keputusan pembelian konsumen pada produk handphone di Kotamadya Yogyakarta
Pengujian pengaruh situasi komunikasi, situasi pembelian, situasi pemakaian terhadap keputusan pembelian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi korelasi. Adapun hasil yang diperoleh dari analisis regresi korelasi membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara situasi komunikasi, situasi pembelian, dan sistem pemakaian dengan keputusan pembelian konsumen. Ini berarti bahwa faktor situasional menurut pengamatan konstunen dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada produk handphone. Secara kuantitatif situasi komunikasi mempunyai nilai t sebesar 16,791 > ttabel 1,985. Situasi pembelian mempunyai nilai t sebesar 2,180 > ttabei 1,985, situasi pemakaian mempunyai nilai t sebesar 3,787 > ttabel 1,985. Adapun untuk nilai Fhitung yang diperoleh sebesar 97,99285 > Fubd 2,699 yang berarti secara bersama-sama ketiga situasional tersebut dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen
Kata Kunci : situasional ,pengambilan keputusan, konsumen, produk, handphone, Kota Madya Yogyakarta