Analisis Sikap dan Minat Nasabah BCA Terhadap Jasa Layanan Klikbca.com
Sri Nurcahyo Wahyuningsih (Pembimbing): Sahid Susilo Nugroho, Drs., M.Sc, Sahid Susilo Nugroho, Drs., M.Sc.
ABTRAKSI
Perkembangan industri di bidang teknologi informasi (IT) telah memberikan fenomena dan peluang baru pada bidang pemasaran. Salah satu bidang industri yang mengalami perkembangan teknologi yang cepat adalah industri perbankan, BCA salah satunya. Persaingan di dunia perbankan tidak dapat hanya mengandalkan produk yang sudah ada tetapi kehadiran teknologi informasi khususnya internet memberikan era persaingan barn yang kompetitif melalui kecepatan dan standarisasi pelayanan. Jumlah nasabah BCA yang mencapai 7,7 juta nasabah perorangan dan 300 ribu nasabah perusahaan merupakan peluang pasar yang besar bagi produk Internet banking (klikbca.com). hal ini dikarenakan dampak adanya globalisasi yang menyebabkan mobilitas tinggi bagi para nasabah dan tuntutan akan semakin tidak terbatasnya waktu transaksi.
Adanya produk internet banking BCA melalui situs www.klikbca.com merupakan jawaban BCA atas peluang yang ada. Analisis prilaku konsumen merupakan langkah awal untuk perencanaan strategi pemasarannya. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi perilaku nasabah adalah sikap, karena dengan mengetahui sikap maka dapat diketahui sejauh mana pengaruh sikap terhadap fiatnasabah untuk melakukan transaksi melalui internet banking. Namun demikian sikap tidak secara parsial (sendiri) mempengaruhi minat atau niat untuk melakukan transaksi melalui Internet banking, tetapi ternyata dipengaruhi juga oleh norma subyektif. Kedua variabel inilah (sikap dan norma subyektif) yang mempengaruhi minat nasabah secara simultan (bersama-sama). Biasanya perilaku akan dilakukan jika kondisi memang memungkinkan yaitu 1). Sikap nasabah tersebut positif dan menguntungkan, 2). Norma subyektif juga menguntungkan. Hal ini telah teridentifikasi dalam model theory reasoned action yang diaplikasikan dalam penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasikan pengaruh 1). bi dan ei terhadap Ab, 2). NBj dan MCj terhadap SN, 3). SN dan Ab terhadap BI serta 4). perbedaan minat nasabah dalam bertransaksi berdasarkan karakteristiknya. Populasi penelitian adalah nasabah BCA yang telah menggunakan bankingBCA internet di kota yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah quota sampling. Yaitu mengambil subyek secara sengaja dalam jumlah tertentu yang diyakini representatif sebanyak 100 orang. Sebelum data dikumpulkan terlebih dahulu dilakukan pra-survey kepada 40 responden untuk mengetahui atribut dan kelompok referen. Setelah itu kuesioner yang tersusun dibagikan kepada 100 responden untuk diuji reliabilitasnya dan diolah.
Setelah data terkumpul dan uji reliabilitas dilakukan , maka data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan atribut terkuat yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam bertransaksi melalui klikbca.com adalah banyaknya transaksi yang dapat dilakukan dan kecepatan transaksi, sehingga menghemat waktuvinasabah sedangkan kelompok referen terkuat adalah temen kegiatan dan teman sekolah/kuliah. Analisis kuantitatif dilakukan dengan regresi berganda yang hasilnya menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan 1). Variabel bi dan ei terhadap Ab, 2). variabel NBj dan MCj terhadap SN, 3). Ab dan SN terhadap BI serta 4). biei dan NBjMCj terhadap BL Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitting yang lebih besar dari F tabel sehingga menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hasil uji t menunjukkan pengaruh yang signifikan secara parsial 1). bi; ei terhadap Ab, 2). Ab; SN terhadap BI dan 3). biei; NE3jMCj terhadap BI. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitting > t tabel. Sedangkan hipotesis yang berkaitan dengan. Pengaruh NBj: MCj secara parsial terhadap SN ditolak karena t hitung < t table
Kata kunci:
bi : keyakinan akan akibat berperilaku
ei : evaluasi akan akibat
NBj : keyakinan normatif
MCj : motivasi untuk menuruti referen
Ab : sikap
SN : norma subyektif
BI : minat berperilaku
Kata Kunci : Internet Marketing, Lembaga Keuangan Bank