Perencanaan Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode SIX Sigma Pada Penerbit Dan Percetakan PT. Pohon Cahaya
PRADIPTA, TRIAN (Pembimbing: Wakhid Slamet Ciptono, M.B.A., M.P.M., Ph.D.), Wakhid Slamet Ciptono, M.B.A., M.P.M., Ph.D.
Penelitian ini membahas mengenai perencanaan pengendalian kualitas menggunakan metode Six Sigma, yang dilakukan pada perusahaan penerbit dan percetakan PT. Pohon Cahaya. Dengan sampel berupa buku jenis tutorial untuk bisnis dan buku jenis tutorial untuk pendidikan.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer pada penelitian ini berupa jumlah produksi dan jumlah produk cacat, data sekunder berupa studi kepustakaan yang berkaitan dengan pokok bahasan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan pendekatan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control).
Tahap pertama metode Six Sigma yaitu tahap perumusan (define), yang merupakan tahap pengidentifikasian masalah kualitas yang dihadapi oleh perusahaan. Pada tahap berikutnya adalah tahap pengukuran (measure) diperoleh nilai UCL (Upper Control Limit), LCL (Lower Control Limit), nilai DPMO (defect per million opportunity), serta nilai sigma. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, rata-rata nilai sigma perusahaan saat ini adalah 4 dengan 6.127 DPMO untuk buku tutorial bisnis dan 6181 untuk buku tutorial pendidikan. Pada tahap analisis (analyze), diketahui bahwa proses pengendalian kualitas produk perusahaan cukup baik serta terdapat faktor utama penyebab adanya produk cacat adalah faktor mesin. Tahap perbaikan (improve), dapat dilakukan dengan peningkatan perawatan dan perbaikan mesin, karyawan, material, metode, dan lingkungan. Pada tahap terakhir pendekatan DMAIC adalah pengendalian (control), dilakukan penetapan tujuan bersama dalam rangka perbaikan kualitas.
Pada penelitian ini, penulis menyarankan beberapa hal terkait pengendalian kualitas, yaitu adanya proses perbaikan pada mesin, karyawan, bahan baku, metode, dan lingkungan operasional perusahaan.
The Purpose of this study was to investigate the quality control planning by using six-sigma method that was applied by PT. Pohon Cahaya publisher in Yogyakarta. The samples of study were tutorial books for business and education.
This research used primer and secondary data that were collected by observation, interview, and literature study. The primary data of this study are the number of production and the number of product defects, secondary data in the form of literature study related to the subject of research. Data analysis used DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, and Control) approach.
The first stage of six-sigma method was defining stage that was a stage of quality problem identification faced by PT. Pohon Cahaya. The next stage was measuring stage that was aimed to obtain the figure of UCL (Upper Control Limit), LCL (Lower Control Limit), the figure of DPMO (defect per million opportunity), and the figure of sigma. The analysis result showed that the average sigma figure of PT. Pohon Cahaya was 4. The figure of DPMO for business tutorial book was 6.127, and 6181 for education tutorial book. In the analysis stage, the product quality control of PT. Pohon Cahaya was categorized good. The main factor of damaged product was revealed that was machine factor. The improving stage is able to be carried out by improving the maintenance of machine, employee, material, method, and environment. The last stage of DMAIC was quality control, in which the main goals were determined for improving the quality.
In this research, the writer has a suggestion dealing with the quality control of PT. Pohon Cahaya that was maintenance of machine, employee, material, method, and environment maintenance of machine, employee, material, method, and operational environment of company.
Kata Kunci : quality control, six-sigma method, Pengendalian Kualitas, Metode Six Sigma