ANALISIS MINAT TERHADAP DUA JENIS KONDISI PRODUK YANG BERBEDA (produk konvenien dan produk special)
Prabawanti Y., Shinta (Adv. Drs. Teguh Budiarto, MIM), Drs. Teguh Budiarto, MIM
Dengan banyaknya produk yang ditawarkan dipasar pada saat ini maka banyak perusahaan yang memberikan perhatian pada bidang pemasaran dibandingkan sikap
mereka dimasa lalu. Disini pemasaran memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam usaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaanya. Dalam situasi persaingan yang ketat seperti saat ini perusahaan perlu pahaM akan perilaku dari konsumen tersebut, hal tersebut digunakan untuk menentukan strategi perusahaan agar konsumen berminat membeli produk tersebut dan kemudian terdorong untuk membelinya.
Untuk mengetahui seberapa besar minat mereka terhadap produk maka disini
penulis melakukan penelitian dengan judul " ANALISA MINAT TERHADAP DUA JENIS KONDISI PRODUK YANG BERBEDA". Dalam penelitian ini yang diteliti yaitu produk spesial dan produk konvenien, metode yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan menggunakan kombinasi dua metode yaitu metode purposif sampling dan metode konvenien sampling, metode pengumpulan data, metode analisa simpel data dengan menggunakan model Fishbein dan Ajzein. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar minat konsumen terhadap produk tersebut.
Berdasarkan hasil perhitungan kuantitatif dapat dilakukan analisa bahwa
pernyataan minat konsumen terhadap produk konvenien lebih besar dibandingkan minat mereka terhadap produk spesial. Hal tersebut karena temyata skor dari norma subyektif dan sikap untuk produk konvenien lebih besar dari pada untuk produk spesial. Sedangkan untuk skor perilaku lampau pada produk spesial lebih tinggi dibandingkan untuk produk konvenien
Dengan melihat skor tersebut maka penulis meberilcan masukan bahwa temyata pengaruh dari kualitas suatu produk dimana yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen terhadap suatu produk tersebut merupakan faktor yang utama.
Kata Kunci : kondisi, produk, konvenien, special