Laporkan Masalah

Analisis Lingkungan Sebagai Dasar Pertimbangan Pengambilan Keputusan Manager Dalam Membuat Produk

PAPUTUNGAN, VINDI (Adv.: Gudono, Dr., M.B.A.), Gudono, Dr., M.B.A.

2012 | Tesis | S2 Accounting

Dengan meningkatnya kerusakan lingkungan sekarang ini sangat berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. Dalam hal ini perusahaan industri yang memberikan kontribusi terbesar atas tercemarnya lingkungan sehingga perusahaan industri yang harus bertanggung-jawab besar atas masalah ini, salah satunya dengan cara meciptakan produk-produk ramah lingkungan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis lingkungan sebagai dasar pertimbangan pengambilan keputusan manager dalam membuat produk, apakah manager akan membuat produk ramah lingkungan yang biayanya lebih tinggi atau produk konvensional yang sangat berdampak negatif terhadap lingkungan dengan mempertimbangkan dari sisi akuntansi dan nonakuntansi berdasarkan preferensi manager.

Untuk melakukan analisis tersebut peneliti menggunakan produk mesin cuci pakaian sebagai sampel dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menggunakan conjoint analysis untukmenganalisis fitur-fitur harga bahan baku, rancangan tabung bagian dalam dan mesin (motor input). Penelitian dilakukan dengan metode Quasi Experimental Design dengan cara menyebarkan qeusioner yang berisi experimental desain atau skenario atas kombinasi atribut dan subatribut kepada 60 orang mahasiswa MM UGM Yogyakarta. Pengambilan sampel penelitian menggunakan non probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan relatif importance serta nilai utility, manager lebih tertarik memproduksi produk ramah lingkungan dan lebih mementingkan dari sisi akuntansi yaitu atribut harga bahan baku, berdasarkan preferensi manager.

Increasing in environment detriment at present day has very harmful side effect to human health. The industries have big responsible for this so they have to take big role to this problem, one solution by creating environmentally friendly products. The objectives of the study are to determine how environment analysis as managerial decision making basis in creating a product, are managers will creates environmentally friendly product that has more costly or conventional product that has negative effect to environment base on manager side of accounting and non accounting preferences.

In this study, analysis was using laundry machine product as a sample. Data analysis was done using conjoint analysis for material cost features, in side tube design and machine (motor input). Quasi experimental design by questionnaire, consist experimental design or scene for attributes combination and sub attributes, was spreads to 60 people of MM UGM Yogyakarta. Non probability sampling was using in this study. The results were show that managers more interesting for produce environmentally friendly product and prefer from accounting side that is material cost attributes.

Kata Kunci : analisis lingkungan, pertimbangan manager, pengambilan keputusan, membuat produk, environmental analysis, manager consideration, decision-making, product development


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.