Laporkan Masalah

The Impact of Green Marketing Strategy, Green Knowledge Environmental Concern on Customer Preference and Green Purchase Intention

MARDIYANSAH, HENDRY (Adv.: Basu Swastha Dharmesta, Prof., Dr., MBA), Basu Swastha Dharmesta, Prof., Dr., MBA

2014 | Tesis | S2 Management

Penelitian ini meneliti tentang produk hijau berupa harddisk Green Power yang diproduksi oleh Western Digital. Penelitian ini memiliki dua tujuan, pertama adalah untuk menguji dampak dari bauran pemasaran hijau yang dijalankan oleh Western Digital, pengetahuan lingkungan dan kepedulian lingkungan pada pilihan konsumen terhadap harddisk. Tujuan kedua adalah untuk menguji dampak dari pilihan konsumen terhadap harddisk pada niat beli hijau dari produk tersebut.

Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang dipasang di forum online Kaskus dan Chip. Sampel dari penelitian ini adalah 162 anggota online dari forum Kaskus dan Chip yang dikumpulkan dengan menggunakan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan teknik regresi berganda dengan menggunakan software SPSS.

Hasilnya menunjukkan bahwa variabel-variabel yang signifikan mempengaruhi pilihan konsumen adalah : Harga (beta 0,311, p = 0,023), Promosi (beta 0,270, p = 0,000), Produk (beta 0,175, p = 0,023) dan kepedulian lingkungan (beta 0,155, p = 0,025). Pilihan konsumen sendiri secara signifikan mempengaruhi niat beli hijau pada produk harddisk dengan beta 0,801, p = 0,000.

This research take Green Power harddrive produced by Western Digital as the green product being examined. This research has two objectives, first is to examine the impact of Western DigitalÂ’s green marketing mix, customer green knowledge and environmental concern into customer preference toward green power harddrive; a product from Western Digital. The second objective is to examine the impact of customer preference toward green power harddrive to their green purchase intention of that product.

Data collection method were using online questionaire which posted at Kaskus and Chip online forum. The sample of this research was 162 online forum member from Kaskus and Chip which collected using purposive sampling. The data analyzed using multiple regression technique by employing SPSS software.

The result shows that these variables significantly affecting customer preference; price (beta 0.311, p = 0.023), Promotion (beta 0.270, p = 0.000), product (beta 0.175, p = 0.023) and environmental concern (beta 0.155, p = 0.025). Customer preference itself was found to be significantly affecting green purchase intention toward green power harddrive with beta 0.801, p = 0.000.

Kata Kunci : green marketing mix, green knowledge, environmental concern, customer preference, green purchase intention, bauran pemasaran hijau, pengetahuan lingkungan, kepedulian lingkungan, pilihan konsumen, niat beli hijau.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.