Laporkan Masalah

Penerapan Balanced Scorecard sebagai Pengukuran Kinerja Pada Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim

HARJOSO, JOJOK WIDO (Adv.: John Suprihanto, Dr., MIM.), John Suprihanto, Dr., MIM.

2013 | Tesis | S2 Magister Management

Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim mempunyai unit usaha terdiri dari, Unit Perdagangan, Unit SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum), Unit Jasa, Unit Simpan Pinjam serta penyertaan saham pada 5 (lima) perusahaan. Dan selama ini belum pernah dilakukan pengukuran kinerja pada Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim berdasarkan pada tujuan dan prinsip-prinsip koperasi.



Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif. dengan mengolah datadata yang telah diperoleh dari internal maupun eksternal Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim. Penilaian kinerja menggunakan Balanced Scorecard dengan mempertimbangkan karakteristik khusus dari badan usaha koperasi yang merupakan organisasi non-profit dengan anggota sebagai pemilik sekaligus pelanggan, sehingga dalam menyusun Balanced Scorecard diperlukan modifikasi dari Balanced Scorecard pada umumnya. Balanced Scorecard pada Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim terdiri dari 4 (empat) perspektif yaitu Perspektif Keanggotaan, Perspektif Keuangan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.



Perspektif Keanggotaan memiliki sasaran strategis dengan memberi manfaat kepada anggota, baik sebagai pelanggan maupun pemilik Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim. Anggota sebagai pelanggan mendapat harga barang dan jasa dari koperasi yang kompetitif serta pelayanan yang prima, sedangkan sebagai pemilik mendapat Sisa Hasil Usaha (SHU) yang meningkat serta ikut memberi masukan untuk kemajuan koperasi. Perspektif Keuangan memiliki sasaran strategis dengan meningkatkan bauran pendapatan (revenue mix) dan produktivitas koperasi. Perspektif Proses Bisnis Internal memiliki sasaran strategis untuk melayani kebutuhan anggota dengan pelayanan yang prima melalui peningkatan pelayanan kepada anggota, mengembangkan inovasi produk sesuai kebutuhan anggota, melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) serta penyediaan sarana bagi anggota untuk memberi masukan kepada koperasi. Perspektif Pembelajaran Dan Pertumbuhan memiliki sasaran strategis agar koperasi dikelola secara professional dengan meningkatkan kompetensi karyawan, mengembangkan sistem informasi, meningkatkan pengawasan dan budaya patuh pada aturan serta menggalakkan pendidikan perkoperasian bagi anggota.

Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim have the business unit comprises, Trade Unit, Gas Station Unit (General Fuel Filling Station), Service Unit, Unit Savings and Loan and equity investment in 5 (five) companies. And so far not been done on performance measurement Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim based on the purpose and principles of cooperatives.



This study uses qualitative analysis by processing the data have been obtained from internal and external Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim. Assessment of performance using the Balanced Scorecard by considering the special characteristics of cooperative business entity which is a non-profit organization with members as the owner and customers, so that in preparing the necessary modification of the Balanced Scorecard The Balanced Scorecard in general. The Balanced Scorecard at Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim consists of 4 (four) perspectives Membership Perspective, Financial Perspective, Internal Business Process Perspective Learning and Growth Perspective.



Membership perspective has strategic objectives by providing benefits to members, both as customers and owners of Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim. Members as the customer gets the prices of goods and services from the cooperative a competitive and excellent service, while the owner gets devidend (SHU), which increased as well as participate to provide input to the progress of the cooperative. Financial Perspective has a strategic goal by improving the mix of revenue (revenue mix) and the productivity of the cooperative. Internal Business Process Perspective has a strategic objective to serve the needs of members with excellent service through improving services to members, develop a product innovation according to the needs of members, conduct the Annual Meeting of Members (RAT) as well as providing the means for members to provide inputs to the cooperative. Learning And Growth Perspective has a strategic objective to professionally managed cooperatives by improving the competence of employees, developing information systems, improve surveillance and the culture of compliance to the rules and promote cooperative education for members.

Kata Kunci : Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim, Non-profit, Perspektif Keanggotaan, Perspektif Keuangan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan, Balanced scored Card, Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim, Non-profit, Membership perspective,


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.