Analisis Strategi Bisnis pada Industri Pengolahan kayu dan Perdagangan Kayu: studi kasus di CV Kencana Mas di Kabupaten Lamongan
Fajarwiyati, Peni, Basu Swastha Dharmmesta, Prof., Dr., M.B.A.
2007 | Tesis | S2 Magister Management
CV. Kencana Mas merupakan perusahaan industri pengolahan kayu dan perdagangan kayu gergajian yang masih bertahan hingga saat ini. Padahal banyak industri sejenis yang mengalami keterpurukan dan kebangkrutan akibat dari
sulitnya mendapatkan pasokan bahan baku kayu. Studi ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing di CV. Kencana Mas apakah telah sesuai dalam menciptakan keunggulan bersaing, sehingga perusahaan dapat tetap bertahan dan semakin berkembang. Analisis terhadap strategi bisnis CV.Kencana Mas meliputi analisis terhadap faktor
eksternal perusahaan dan faktor internal perusahaan. Untuk faktor eksternal perusahaan, analisis yang dilakukan meliputi aspek lingkungan makro dan lingkungan industri dan persaingan dengan metode Five Forces Analysis Mode.l
Sedangkan analisis terhadap faktor internal perusahaan dilakukan meliputi aspek keuangan, sumber daya manusia, operasional/produksi, pemasaran, sistem pengawasan internal perusahaan, penelitian dan pengembangan serta sistem
informasi perusahaan. Tahapan analisis strategi terdiri dari 3 tahap yaitu Tahap Masukan dengan alat analisis berupa Matriks EFE dan Matriks EFI, kemudian dari hasil tahap masukan tersebut dilakukan tahapan kedua yaitu Tahapan Pencocokan dengan menggunakan Matriks Internal-Eksternal dan Matriks TOWS yang menghasilkan
strategi alternatif yang paling sesuai bagi perusahaan dengan memperhatikan faktor internal dan eksternal perusahaan. Kemudian tahap yang terakhir yaitu Tahap Keputusan dengan menggunakan QSPM untuk mengetahui dari berbagai strategi alternatif. Dari strategi alternatif tersebut mana yang paling memiliki daya tarik dan sesuai untuk diterapkan bagi perusahaan. Pemilihan peringkat dalam
matriks mendasarkan pada hasil wawancara dan diskusi dengan pihak manajemen CV. Kencana Mas. Dari hasil analisis tersebut akan diketahui bahwa strategi yang paling sesuai bagi CV. Kencana Mas adalah Strategi Pertumbuhan dengan Pengembangan Pasar. Dalam meraih pasar yang lebih luas, perusahaan dapat meningkatkan produksi komponen meubel dengan bahan baku kayu kampung yang mudah diperoleh dan
harganya murah. Pengembangan produk berbahan baku kayu kampung mendasarkan pada tren pasar yang menghendaki produk-produk yang ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan bahan baku kayu. Strategi ini seiring dengan strategi yang diterapkan CV. Kencana Mas sebelumnya
yaitu peningkatan produksi untuk meraih pasar yang lebih luas dan pengembangan produk berupa komponen meubel dengan menggunakan bahan baku kayu kampung. Kata kunci : strategi bisnis, SWOT Analysis, Kerangka Kerja Analisis Strategi dan Strategi Generik
CV. KENCANA MAS is one of industrial company that is processing wood and commerce of sawn timber which has competitive advantage by using strategy of focus on good serving and good product of component furniture like Meranti Three Layer and Cor e Lipping. This paper planned to analyse strategy business in CV. Kencana Mas to improve the competence of company and can have competitive advantage. According to Porter's in Three Generics Strategies, this company used should used Cost Leadership Strategies to get the competitive advantage. The analysis business strategy in CV. Kencana Mas based on evaluated the
external factors of company and internal factor s of company. For external factors of company, analysis has done with macro area aspect and industrial area and emulation with Five Forces Analysis Model. For analyse internal
factor s of company used finance aspect, human resource, operational or production, marketing, company internal control system, research and expansion and company information system. Strategy analysis step consisted of three phase that is First, The Input Stage by identification and evaluation of external and internal factors in that company. Then second step is The Matching Stage by using Matrix Internal-External and Matrix TOWS yielding most appropriate alternative strategy for company by paying attention to internal factor and external company. Then last phase is The Decision Stage by using QSPM to know from various alternative strategies. From the alternative strategy is which very has fascination and could be applied for company. The election of rank in
matrix bases result of interview and discussion with the side of management CV. Kencana Mas. This strategy along with strategy applied by CV. Kencana Mas before all is
product increase to reach for broader market and product development in the form of component furniture by using 'kampong wood' raw material. Keyword: business strategy, SWOT Analysis, Strategy Analysis Framework and the Three Generic Strategies.
Kata Kunci : strategi bisnis, SWOT Analysis, Kerangka Kerja Analisis Strategi dan Strategi Generik