Laporkan Masalah

Evaluasi Strategic Management PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta dan Tangerang Menggunakan Kriteria Malcolm Baldrige

CHRISSETYO, GALIH (Adv.: Eko Suwardi, Dr., M.Sc.), Eko Suwardi, Dr., M.Sc.

2015 | Tesis | S2 Magister Management

Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) merupakan salah satu tools yang digunakan untuk mengukur kinerja institusi organisasi terhadap evaluasi Strategic Management maupun dari keberlanjutan Visi Misi Leadership suatu Organisasi dan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta dan Tangerang yang disingkat menjadi PLN DISJAYA adalah bagian dalam Unit Bisnis PT PLN (Persero) yang juga merupakan BUMN dengan Aset terbesar di Indonesia yang sudah memulai memotretkan evaluasi strategic managementnya menggunakan MBNQA.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja inisatif strategic management PLN DISJAYA ditinjau menggunakan Kriteria Malcolm Baldrige serta merumuskan strategi peningkatan kinerja dengan Oppurtunity For Improvement (OFI) Untuk mengetahui keberhasilan strategi perusahaan saat ini, beberapa indikator keberhasilan digunakan yang adalah 7(Tujuh) kriteria/ kategori MBNQA yang akan dipergunakan untuk menilai yaitu kriteria 1(Leadership), kriteria 2 (Strategic Planning), kriteria 3 (Customer Focus), kriteria 4 (Measurement, Analysis and Knowledge Management), kriteria 5 (Workforce Focus), kriteria 6 (Operation Focus) dan kriteria 7 (Results). Dari hasil pengukuran akan dapat diketahui titik lemahnya, Key Themes, Key Factor untuk kemudian dicari rekomendasi/rumusan yang tepat sebagai strategi perbaikan yang dapat meningkatkan kinerja PLN DISJAYA .dalam memaksimalkan peluang perusahaan dan mengantisipasi tantangan dari lingkungan industri serta memenangkan persaingan dalam industri jasa ketenagalistrikan khususnya setelah pesaing muncul.

Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) is a tool which had been used to measure the performance of an organization toward the Strategic Management Evaluation as well as the sustainability of Leadership vison and mission of an organization and PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta and Tangerang which is abbreviated to PLN DISJAYA is a part of business unit of PT PLN (Persero) that is also a Government company that have the biggest assets in Indonesia, and also started to image its strategic management evaluation using MBNQA.

The main purpose of this research is to measure the performance of strategic management inisiative of PLN DISJAYA reviewed by using Malcolm Baldrige criteria and to formulize the performance improvement strategy using Opportunity For Improvement (OFI) To find out the effectiveness of a companyÂ’s strategy, there are some indicators that had been used, they are 7 (seven) criterias / categories MBNQA that used to evaluates. Criteria 1 (Leadership), criteria 2 (Strategic Planning), criteria 3 (Customer Focus), criteria 4 (Measurement, Analysis and Knowledge Management), criteria 5 (Workforce Focus), criteria 6 (Operation Focus) dan criteria 7 (Results). From those results, will be discovered the weak point, Key Themes, Key Factor which will continuosly required to find the correct recommendation/formula as an improvement strategy of PLN DISJAYAÂ’s performance in maximizing the companyÂ’s chance and to anticipate any challenges of industrial environment and to win the competition in industrial electricity services, particularly to another competitors.

Kata Kunci : Strategic Management Evaluation, Leadership, MBNQA, Government Company, Oppurtunity For Improvement (OFI)


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.