Pengaruh Dimensi Kesadaran Konsumen, Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Keperilakuan yang Dipersepsikan dan Pengalaman di Masa Lalu Pada Niat Beli Produk Perawatan Kulit Organik L'OCCITANE di Yogyakarta
CLAUDIA S TOAR, Prof., Dr. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A.
2018 | Skripsi | S1 MANAJEMENIndustri kosmetik merupakan industri yang inovatif dan memiliki prospek yang menguntungkan dilihat dalam tingkat penjualan maupun permintaan dari konsumen yang semakin tinggi. Seiring dengan perkembangan isu ramah lingkungan membuat perilaku ramah lingkungan kini menjadi tren di kalangan masyarakat. L'OCCITANE adalah salah satu merek kosmetik organik berkualitas tinggi yang dikembangkan dengan mengikuti prinsip phytotherapi dan aromaterapi. Tujuan penelitian adalah dengan menggunakan teori perilaku terencana dalam menguji pengaruh kesadaran kesehatan, kesadaran lingkungan dan kesadaran penampilan yang merupakan dimensi dari nilai-nilai konsumen, pada sikap pembelian produk perawatan kulit organik L'OCCITANE. Serta membuktikan pengaruh sikap, norma subyektif, kontrol keperilakuan yang dipersepsikan, dan pengalaman di masa lalu dalam menggunakan produk perawatan kulit organik L'OCCITANE pada niat seseorang untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan mempertimbangkan lebih lanjut efek kontrol keperilakuan yang dipersepsikan yang mempengaruhi hubungan antara perilaku dan niat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dari hasil penyebaran kuesioner secara daring, peneliti mendapatkan 320 responden yang sesuai dengan kriteria yang diajukan peneliti. Metode analisis yang digunakan, yaitu analisis regresi berganda digunakan untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran kesehatan, kesadaran lingkungan, dan kesadaran penampilan benar-benar mempengaruhi perilaku terhadap pembelian produk perawatan kulit organik L'OCCITANE. Ditambahkannya sikap, norma subyektif, dan kontrol keperilakuan yang dipersepsikan berpengaruh secara positif pada niat beli produk perawatan kulit organik L'OCCITANE. Ditemukan bahwa pengalaman di masa lalu tidak mempengaruhi niat konsumen membeli produk perawatan kulit organik L'OCCITANE. Kontrol keperilakuan yang dipersepsikan sebagai variabel moderator tidak mempengaruhi hubungan antara perilaku dan niat beli produk perawatan kulit organik L'OCCITANE.
Cosmetic industry is an innovative industry and has a profitable opportunity seen in the level of sales as well as the growing demand of consumers. Along with the emergence of environmental friendly issues, eco-friendly behaviors become trends among the public. L'OCCITANE is one of the high-quality organic cosmetic brands developed based on the principles of phytotherapy and aromatherapy. The purpose of research is to use the theory of planned behavior in testing the influence of health consciousness, environmental consciousness and appearance consciousness which are the dimensions of consumer values, on the attitudes of purchasing L'OCCITANE organic skin care products, as well as to prove the influence of attitudes, subjective norms, perceived behavioral control, and past experience in using L'OCCITANE organic skin care products on a consumers' intention to purchase the product. This study aims to further consider the perceived behavior control effects that affect the relationship between behavior and intention. This research uses quantitative method. From the results of distributing questionnaires online, researcher gets 320 respondents in accordance with the criteria proposed by researchers. The method of analysis used, namely multiple regression analysis is used to test the relationship between variables. The results show that health consciousness, environmental consciousness, and appearance consciousness really affect behavior toward the purchase of L'OCCITANE organic skin care products. The addition of attitudes, subjective norms, and perceived behavioral control as predictors of buying intention positively affects the purchase intention of L'OCCITANE organic skin care products. Based on the results, past experience does not affect consumers' intentions to buy L'OCCITANE organic skin care products. The perceived behavioral control as a moderator variable does not affect the relationship between behavior and purchase intentions to buy L'OCCITANE organic skin care products.
Kata Kunci : teori perilaku terencana, sikap konsumen, kosmetik organik L'OCCITANE