Laporkan Masalah

Endorser Laki-laki dan Sikap Audiens (Pengaruh Endorser Laki-laki pada Pemasaran Produk Kosmetik Perempuan di Instagram terhadap Sikap Audiens)

ASPRILLA RIZA DWI ADMAJA, Pulung S. Perbawani, S.I.P., M.M.

2017 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Laki-laki dan kosmetik, dua konsep yang bertentangan namun saling beririsan. Laki-laki dipahami sebagai sosok yang gagah, maskulin, serta jauh dari kecantikan. Sementara, kosmetik dari tujuannya jelas terlihat bahwa konsep ini begitu dekat dengan konsep kecantikan. Menjadi menarik ketika dua konsep ini disandingkan bersamaan. Ditampilkan dalam kemasan endorsement di media sosial khususnya Instagram, sebagai salah satu bentuk pemasaran produk, laki-laki endorser kosmetik perempuan menjadi angin baru dalam dunia pemasaran. Namun, apakah mereka diterima oleh audiens? Melalui survei yang dilakukan terhadap 400 responden yang merupakan followers dari selebgram laki-laki endorser kosmetik, dapat dilihat bagaimana kecenderungan sikap yang ditampilkan audiens. Meskipun konsepnya saling bertentangan, nyatanya laki-laki endorser kosmetik mampu memengaruhi sikap audiens ketika melihat endorsement kosmetik. Sikap yang ditunjukkan pun menunjukkan kecenderungan positif. Dengan jumlah yang masih sangat sedikit di Indonesia, laki-laki endorser kosmetik juga memiliki karakteristik yang beragam. Beberapa nama besar pun muncul ketika membicarakan hal ini. Ivan Gunawan dan Jovi Adhiguna menjadi dua endorser yang paling bisa diterima oleh audiens. Keduanya memiliki tampilan yang jauh dari maskulin dan cenderung feminin. Hal ini semakin mengukuhkan bahwa laki-laki dan kosmetik saling bertentangan dan butuh sebuah jembatan penghubung untuk menyatukannya

Male and cosmetics, two concepts that contradictory but mutually incline. Men understood as a strong figure, masculine, and far from beauty concept. While, cosmetics from its objectives we know that this concept so close to the concept of beauty. It becomes interesting when these two concepts are paired together at the same time. Presented in the packaging of endorsement in social media especially Instagram, as a kind of marketing, male endorser of female cosmetics product become a novelty in marketing world. But, are they accepted by the audience? Through a survey of 400 respondents who are followers of the male endorser of female cosmetics product, it can be seen how the tendency of audience attitudes. Although the concept is contradictory, in fact male endorsers of female cosmetics products are able to influence the attitude of the audience when looking at cosmetic endorsement. And also, it shows a positive attitude. Even though its a quite small of quantity in Indonesia, male endorsers of female cosmetics products have diverse characteristics. Several names are mentioned when talking about this. Ivan Gunawan and Jovi Adhiguna are the most acceptable endorsers by the audience. Both of them have an appearance that is far from masculine and tend to be feminine. This, confirms that male and cosmetics conflict with each other and need a bridge to reconcile them.

Kata Kunci : kosmetik, laki-laki, sikap, maskulinitas, endorsement, pemasaran, cosmetics, male, attitude, masculinity, endorsement, marketing

  1. S1-2017-345397-abstract.pdf  
  2. S1-2017-345397-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-345397-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-345397-title.pdf