ANALISIS KETERSEDIAAN DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR TOWER EMERALD APARTEMEN GRAND DHIKA CITY JATIWARNA BEKASI
ALFIYAN DWI KUSUMA, Ir. Heru Budi Utomo, MT
2017 | Tugas Akhir | D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN INFRASTRUKTUR SIPILParkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang bersifat sementara karena ditinggal oleh pengemudinya. Apartemen Grand Dhika City Jatiwarna Bekasi salah satu kawasan yang menyediakan ruang parkir untuk pemilik apartemen, sehingga perlu adanya pengelolaan yang baik supaya tidak terjadi antrian, kemacetan, dan gangguan jalan lainnya karena letaknya yang bersebelahan dengan akses jalan TOL menuju kota Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui akumulasi parkir, durasi parkir, indeks parkir, tingkat turn over parkir dalam satu hari, volume parkir dan konfigurasi parkir. Metode yang dipakai pada penelitian kali ini menggunakan metode observasi. Proses pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data sekunder maupun data primer menggunakan metode pengamatan langsung dilapangan, wawancara, dan studi pustaka. Diantara ketiga metode yang digunakan, metode yang paling besar prosentase yang digunakan adalah metode wawancara, karena dengan metode ini data sekunder dan data primer bisa didapatkan pada proses magang kerja secara cepat dan akurat. Berdasarkan data yang diperoleh dari proses analisis didapatkan besaran akumulasi parkir kendaraan maksimal adalah sebanyak 57 kendaraan/jam pada pukul 17:00-17:59, rata-rata akumulasi parkir kendaraan sebanyak 38 kendaraan/jam dan akumulasi parkir minimal 11 kendaraan/jam pada pukul 08:00-08:59. Durasi parkir maksimum sebesar 22 menit/kendaraan pada menit ke 0-60 dan durasi parkir rata-rata sebesar 12,3 menit/kendaraan. Volume parkir maksimum sebanyak 146 kendaraan. Nilai indeks parkir maksimum sebesar 28% dan indeks parkir rata-rata sebesar 19%. Tingkat pergantian parkir (turnover parking) sebesar 0,7 kendaraan/SRP/jam.
Parking is a stationary state of a vehicle which temporary because it was left by the driver. Grand Dhika City Apartement Jatiwarna Bekasi is one of the areas that providing parking space for apartement owners. Than, there is a necessary for good management to avoid queuing, congestion, and other road disruptions due to the location adjacent to the TOL road access the city of Jakarta. The purpose of this research is to know the accumulation of parking, parking duration, parking indix, turnover rate of parking in one day, parking volume and parking configuration. The data collection process used to obtain secondary data and primary data are using direct observation methods in the field, interview and literature study. Among the three methods used, the largest method percentage used in the method of interviewing, because with this method the secondary data and primary data can be obtained in the apprenticeship process quickly and accurately. Based on the data, obtained from the analysis process that the maximum vehicle accumulative parking quantity is 57 vehicles/hour at 5 pm-5.59 pm. The average accumulation of parking vehicles is about 38 vehicles/hour and the accumulation of parking at minimum 11 vehicles/hour is at 8 am-8.59 am. The maximum parking duration is 22 minutes/vehicles at 0-60 minutes and parking duration is 12,3 minutes/vehicles. The maximum parking volume is about 146 vehicles. The maximum parking index value is 28% and the parking index average is 19%. Turnover parking rate is 0,7 vehicles/SRP/hour.
Kata Kunci : Kata Kunci : Tempat parkir, Apartemen Grand Dhika City Jatiwarna Bekasi, Akumulasi parkir, Durasi parkir, Indeks parkir, Turn over parking, Volume parkir, Konfigurasi parkir.