Laporkan Masalah

Evaluasi Bisnis TV Tidak Berbayar Transmedia Ditinjau Dari Corporate Parenting Framework

WENY SETYAWATI, Amin Wibowo, MBA, Ph. D

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Trans TV dan Trans 7 adalah dua unit bisnis yang berada di bawah naungan Transmedia, Transmedia ini merupakan salah satu sub holding yang dimiliki oleh CT Corp yang membawahi beberapa unit bisnis strategis yang berkaitan dengan industri media. Trans TV dan Trans 7 merupakan dua unit bisnis dengan kategori TV tidak berbayar (free to air) dengan kategori siaran yang hampir serupa. Dalam hal ini mengapa ada dua unit bisnis dengan kategori yang hampir sama dalam satu kelompok perusahaan juga menjadi pertanyaan yang hendak diteliti. Sejak bergabungnya TV 7 ke dalam kelompok perusahaan Transmedia untuk kemudian berubah nama menjadi Trans 7 juga menjadi titik balik bagi kebangkitannya sebagai unit bisnis TV tidak berbayar di industri. Evaluasi bisnis Trans TV dan Trans 7 dapat ditelusuri dengan menggunakan pendekatan parenting advantage (Campbell et al, 1995) yang hasilnya berupa penentuan sudah berada dimana posisi kedua unit bisnis ini yang dapat diidentifikasi melalui penelusuran tiga variabel yaitu critical success factors yang dimiliki oleh unit bisnis, parenting opportunities yang merupakan peluang yang dapat dilakukan oleh perusahaan induk dalam hal menciptakan value melalui keputusan strategis dan variabel terakhir adalah penelusuran parenting characteristics yang mencakup karakter yang dimiliki oleh perusahaan induk dalam hal pengelolaan unit bisnis yang berada di bawahnya. Penelitian analisis deskriptif ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui proses wawancara kepada para pemangku jabatan yang memiliki pengetahuan dan pengalaman secara langsung di kedua unit bisnis Trans TV dan Trans 7 untuk kemudian melakukan penilaian dan pembobotan untuk menentukan sejauh mana Transmedia sebagai perusahaan induk dalam pengasuhannya dapat menciptakan nilai atau justru sebaliknya menghancurkan nilai. Seiring dnegan berjalannya kompetisi dalam industri media khususnya kategori TV tidak berbayar Transmedia juga harus berkompetisi dengan perusahaan induk sejenis yang juga tergabung dalam kelompok perusahaan media besar di Indonesia, untuk itu sangatlah penting untuk mengidentifikasi posisi kedua unit bisnis ini di dalam pengasuhan Transmedia sebagai perusahaan induk. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis bahwa Trans TV dan Trans 7 berada di area heartland dalam posisi parenting fit matrix dalam hal ini dapat diartikan bahwa Transmedia sebagai perusahaan induk memiliki pengetahuan (feel) yang cukup atas dua unit bisnis ini dan bahwa kedua unit bisnis masih dapat dikembangkan lebih jauh lagi meskipun ada beberapa tantangan yang harus dihadapi di masa depan.

Trans TV and Trans 7 are the strategic unit business owned by Transmedia where Transmedia is also one of the sub holding owned by CT Corp, Transmedia is a holding that responsible of all the unit businesses that linked to the media industry. Trans TV and Trans 7 are free to air broadcast TV with national coverage in Indonesia. These two unit businesses having almost similar category of program viewed and also its target viewer, and this would be something interesting to know why there are two almost similar unit businesses in one holding company. The turning point of the success story could be identified from the transformation of TV 7 into Trans 7, where TV 7 previously fully owned by Kompas Gramedia Group which is the leading media company in Indonesia. The business evaluation of Trans TV and Trans 7 using parenting advantage approach (Campbell et al, 1995) by identifying the unit business position in parenting fit matrix. The position could be set by identifying three variables which are critical success factors that emerged from unit business, then parenting opportunities where parent company could enhance and develop unit business to the next level in category of industry through creating value, and the last variable is parenting characteristics that shows how parent company manage and or influencing the way of running the unit business. This qualitative research try to find the answer by interviewing the people who fully involved and having a deep knowledge how the two unit businesses Trans TV and Trans 7 evolved, and making the judgement through scaling and weighing the judgement in order to identify the position of Trans TV and Trans 7 in parenting fit matrix. This valuation also trying to find out whether Transmedia as parent company can create value or destroying value instead through the parenting style and strategic decision that have been made. Transmedia as parent company has to face the other parents that actually already have strong existing in the industry and the shifting of the technology in terms of media platform also something that has to be considered by Transmedia as parent. Based on this qualitative research found that these two unit businesses are at the same area of heartland category in parenting fit matrix, the indication of this finding can tell us that Transmedia as parent company having sufficient feel of business regarding the existency of Trans TV and Trans 7 as free to air broadcast TV and also parent having greater scenario about the existency in media industry to cope the challenge of the future and to answer the needs of information as to different generations in terms of technology in media platform.

Kata Kunci : parenting advantage, value creation, critical success factors, parenting opportunities, parenting characteristics