PERAN KEGIATAN PRAMUKA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI BELA NEGARA UNTUK MEWUJUDKAN KETAHANAN PRIBADI SISWA
BAMBANG SAKRI, Dr. Ahmad Zubaidi, M.Si.; Diana Setiyawati, S.Psi., MHSc, Ph.D
2017 | Tesis | S2 Ketahanan NasionalPenelitian ini membahas tentang peran kegiatan pramuka dalam penanaman nilai-nilai bela negara untuk mewujudkan ketahanan pribadi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Banguntapan, Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui secara mendalam peran kegiatan pramuka dalam penanaman nilai-nilai bela negara dan kontribusi nilai-nilai bela negara dalam mewujudkan ketahanan pribadi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Data diperoleh dari wawancara siswa, pembina dan kepala sekolah serta dokumen-dokumen yang mendukung. Dalam analisis data, peneliti menggunakan analisis tematik untuk mendeskripsikan kegiatan pramuka dalam penanaman nilai-nilai bela negara untuk mewujudkan ketahanan pribadi siswa yang dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut 1) kegiatan pramuka berperan dalam menanamkan rasa cinta tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, menanamkan kesetiaan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, menanamkan sikap rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan membekali kemampuan awal bela negara; 2) nilai-nilai bela negara berkontribusi dalam mewujudkan ketahanan pribadi siswa melalui enam indikator ketahanan pribadi yaitu spiritual tinggi, kemantapan mental, percaya diri dan pantang menyerah, patriotik, kecakapan hidup, dan kemantapan sosial.
This study discusses the role of scout activities in implementing the values of state defense to realize the personal resilience of students. This research was conducted at SMP N 1 Banguntapan, Bantul, Province of Special Region of Yogyakarta. The purpose of this research is to know deeply the role of scout activities in implementing the values of state defense and contribution of the state defending values in realizing the personal resilience of the students. The method used in this research is qualitative method. Data were obtained from student interviews, mentors and the principal as well as other supporting documents. In the data analysis, the researcher uses thematic analysis to describe the scout activities in implementing the values of state defense in order to realize the personal resilience of the students through the required extracurricular activities in school. The results of this research are: first, scout activities play a role in implementing a sense of love of the country, fostering national and state awareness, implementing loyalty to Pancasila as the state ideology, implementinga willingness to sacrifice for the nation and state, and equipping the early capability of the state defense; Secondly, the values of state defense contribute to the personal resilience of the students through six indicators of personal endurance namely; high spiritual, mental stability, self-confidence and never give-up, patriotic, life skills, and social stability.
Kata Kunci : Peran, pramuka, bela negara, ketahanan pribadi siswa